Pengaruh Media Robingo Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas III SDN 01 Klegen Madiun

Trisna Aprillianti, Fauzatul Ma’rufah R, M. Soepriyadi Joko Laksono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan media robingo dengan media gambar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa mata pelajaran PKn kelas III SDN 01 Klegen Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi perlakuantal dalam bentuk nonequivalent control group design. Sampel terdiri dari 28 anak didik dalam kategori perlakuan dan 28 anak didik dalam kategori kontrol, dipilih dengan metode sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tes tulisan dan dianalisis memakai uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam keterampilan berpikir kritis anak didik antara penggunaan media robingo dan media gambar bidang studi PKn kelas III di SDN 01 Klegen Madiun. Nilai signifikansi (2-tailed) untuk kategori perlakuan dan kategori kontrol ialah 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara penggunaan media robingo dan media gambar dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kritis anak didik bidang studi PKn kelas III di SDN 01 Klegen Madiun.


Keywords


Media Robingo, Keterampilan berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2015). Media pengajaran.

Bimrew Sendekie Belay. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.

Dr. Syarifuddin, M. P., & Eka Dewi Utari, M. P. (2022). Media Pengajaran (Dari Masa Konvensional Hingga Masa Digital). Bening Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=0biBEAAAQBAJ

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pengajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).

Ibtidaiyah, K. J. P. G. M., Keguruan, F. I. T. D., Negeri, U. I., Utara, S., Medan, & 2019. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Anak didik Bidang studi Pkn Materi Hak Dan Kewajiban Warga Negara Melalui Strategi Pengajaran Value Clarificate Technique (Vct) Anak didik Kategori Iv Mis Mutiara. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan 2019, 8(5), 55.

Karim, N. (2015). Critical Thinking Ability of Students in Learning in Learning Mathematics Using the Jucama Model in Middle School. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93–104.

Prasetiyo, T. H., & Ni’matul Jannah, I. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahaanak didik Melalui Tugas Jurnal Belajar Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran. Nusantara Hasana Journal, 1(7), Page.

ROHMAH, ERWIN RAHAYU SAPUTRA, M. M. (2021). Roda Putar Guna Meningkatkan Hasil Belajar Anak didik Pelajaran Matematika Di Sd. Wahana Sekolah Dasar, 29(2), 80. https://doi.org/10.17977/um035v29i22021p80-83

Simbolon, R. (2019). Penggunaan Roda Pintar Guna Keterampilan Membaca Anak. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 66–71. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1448

Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kebijakan (R. S. Yosita (ed.)). ALFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Trisna Aprillianti, Fauzatul Ma’rufah R, M. Soepriyadi Joko Laksono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.