PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK KELAS 5 SEKOLAH DASAR
Abstract
Pengembangan media interaktif articulate storyline pada pembelajaran tematik untuk kelas 5 Sekolah Dasar dimulai dengan tahap analisis. Berdasarkan hasil analisis dinyatakan bahwa terdapat permasalahan berupa kurangnya pemahaman siswa pada materi Tema 4 Subtema 1 sehingga proses pembelajaran memerlukan inovasi khususnya pada media pembelajaran. Maka, diperlukan suatu pengembangan media pembelajaran berupa pengembangan media interaktif yang dapat membantu siswa memahami materi khususnya. Media interaktif bertujuan agar siswa lebih aktif, mudah memahami materi, dan semangat belajar dengan memanfaatkan teknologi berupa penggunaan smartphone dan laptop dalam proses pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media interaktif berbasis articultae storyline pada pembelajaran tematik di kelas 5 Sekolah Dasar yang teruji kelayakannya dari para ahli dan serta dari respon guru dan peserta didik terhadap media interaktif. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE(analyze, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil validasi pengembangan media interaktif berbasis articulate storyline dari ahli media dan ahli materi diperoleh skor keseluruhan sebesar 94% dengan kriteria “sangat valid”. Sedangkan hasil uji coba media interaktif terhadap guru mendapat skor 100% dengan kriteria “sangat menarik” dan hasil uji coba terhadap peserta didik mendapat skor 98% dengan kriteria “sangat menarik”. Jadi media interaktif articulate storyline pada pembelajaran tematik dinyatakan layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar,S.(2017).Instrumen Perangkat Pembelajaran.Bandung:PT Remaja Rosdakarya Offset
Alshareef, F. (2018). The Importance of Using Mobile Learning in Supporting Teaching and Learning of English Laguage in the Secondary Stage. Journal of Education. 9(15);71-88.
Amiroh.(2020).Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva.
Ardika,T.(2018).Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Trigonometri.(Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung,2018).Diakes dari http://repository.radenintan.ac.id/5374/1/SKRIPSI%20FIX.pdf
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 4(2);193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331
Ayu Ketut Sinta, N., Gede Astawan, I., & Made Suarjana, I. (2021). Belajar Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya dengan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 9(2);211–219.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1);35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dharma, E., Betty Sihombing & Sherly (2020). MERDEKA BELAJAR: KAJIAN LITERATUR. Konferensi Nasional Pendidikan 1
Friantona Nasution, M., & Darwis, U. ((2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 068070 Medan Denai. Edu Global: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1);45-54.
Herawati.(2016). Pengembangan Modul Keanekaragaman Aves Sebagai Sumber Belajar Biologi. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, 1(1);28-36
Hidayah, Nurul.(2015). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Terampil Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 2(1);34-49.
Kadir, Abdul & Hanun Asrohah.(2015).Pembelajaran Tematik .Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Karo-Karo, Isyan Rasyid & Rohani.(2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran.
AXIOM. 1(1);91-96.
Komang, I., Karisma, E., Gede Margunayasa, I., Amita, P., & Prasasti, T. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4(2);121–130.
Mulyatiningsih,Endang.(2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih- mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.
Rohmanurmerta, Fauzatul Ma’rufah & Candra Dewi.(2019).Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar.MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman. 9(2);100-109.
Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2);237– 253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109
Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 5(1);19–25. http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal.
Tegeh I M & Kirna I M.Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model. 12-26 ; 1829-5282.
UUD RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Widoyoko,E.(2020).Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 4(3);845-849.
Zakariah,M.A & Vivi Afriani.(2020).Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development. Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawwadah Warahmah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Elen Dwi Rahayu, Heny Kusuma Widyaningrum, Eka Nofri Ari Yanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.