Pemanfaatan Media Permainan Domikado Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Guna Meningkatkan Karakter Jujur Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Madiun

Ella Oppy Farmathalia, Tyas Martika Anggriana, Asroful Kadafi

Abstract


Karakter jujur penting untuk dimiliki oleh siswa karena akan menumbuhkan kepercayaan antara satu orang dan lainnya. Saat ini karakter jujur sangat sulit diterapkan oleh siswa, salah satu perilaku ketidakjujuran yang ditunjukkan siswa diantaranya yaitu mencontek, tidak berani mengakui kesalahan, melakukan plagiarisme. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan karakter jujur salah satunya yaitu dengan memanfaatkan permainan tradisional yang dulu biasa dimainkan oleh anak, selain untuk meningkatkan karakter jujur juga dapat mengenalkan kembali permainan tradisional yang sudah mulai punah. Indonesia memiliki berbagai macam jenis permainan tradisional, salah satu permainan yang digunakan untuk meningkatkan karakter jujur siswa yaitu permainan domikado. Permainan domikado dipilih karena memberikan dorongan kepada siswa untuk dapat menciptakan realitas mereka sendiri, mengembangkan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain, serta menunjukkan kepada siswa bahwa keterampilan sosial perlu dimiliki oleh setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter jujur siswa dengan memanfaatkan media permainan domikado dalam layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan karakter jujur siswa. Metode yang digunakan untuk pengkajian ini yaitu kajian pustaka yang didapatkan dari jurnal, hasil penelitian, laporan hasil seminar, artikel ilmiah, dan sebagainya. Permainan tradisional memiliki berbagai manfaat untuk dapat meningkatkan karakter anak, dengan begitu melalui permainan tradisional domikado karakter jujur anak dapat ditingkatkan.


Keywords


Karakter Jujur, Permainan Domikado, Bimbingan Kelompok

Full Text:

PDF

References


Alvi, R. R., Zalfa, G., Ayub, D., Maria, I., Perdani, U., & Anggoro, A. (2022). Meningkatkan Jujur Anak melalui Permainan Rakyat Congklak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5414–5424. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2973

Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057

Fajrin, O. A. (2018). Membentuk Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 75. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i1.291.000-000

Helvana, N., & Hidayat, S. (2020). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Anak. 7(2), 253–260. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Husniah, W. O., Ulfa, M., & Herman Susanto, L. O. (2021). Bimbingan Kelompok Melalui Permainan Tradisional Buton Untuk Meningkatkan Prososial Siswa. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 253–261. https://doi.org/10.33369/consilia.3.3.253-261

Jannah, R., Zen, E., & Muslihati, M. (2016). Pengembangan Permainan Simulasi Keterbukaan Diri Untuk Siswa Smp. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 74–78. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p074

Muhaniyah, L. H., Wulandari, R. S., & Arkam, R. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Engkleng Terhadap Nilai Karakter Kejujuran Aud. Jurnal Mentari, 1(2), 86–93.

Nora, S., & Putri, J. (2017). Permainan Domikado untuk Pengenalan AKADS ( Afeksi belajar , Kognisi / pemikiran , Aksi dan Akuisi , Daya tarik tujuan , dan Strategi belajar ) dalam Konseling KIPAS pada Siswa SD. 399–413.

Nur, M. C. (2019). Permainan TEMPO DULU : era 90’an. MiftaChun Nur. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=t5WnDwAAQBAJ

Rianto, H., & Yuliananingsih, Y. (2021). Menggali Nilai-Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 120. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2440

Serikandi, B. (2020). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Kelas Xii-Iis-1 Sma Negeri 1 Pujut. Jurnal Paedagogy, 7(2), 78–89. https://doi.org/10.33394/jp.v7i2.2498

Solikah, S. N., & Waluyo, S. J. (2018). Hubungan Persepsi Pemahaman Mahasiswa tentang Pendidikan Anti Korupsi dengan Hasil Belajar Mahasiswa Keperawatan. Proceeding of The 7th University Research Colloquium 2018: Bidang MIPA Dan Kesehatan, 558–565. Retrieved from http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/download/236/232

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Wahyudin. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 6(1), 1–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ella Oppy Farmathalia, Tyas Martika Anggriana, Asroful Kadafi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.