Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas 3 SDN 01 Taman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas 3 SDN 01 Taman pada pembelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Pendekatan deskriptif mencoba menggambarkan kemampuan membaca pemahaman dan keterbatasan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Taman Kota Madiun pada siswa kelas 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Sudi ini menyoroti betapa pentingnya membaca bagi pembelajaran dan dalam kehidupan sehari-hari siswa, dan betapa pentingnya bagi guru untuk memiliki pengetahuan tentang bahan bacaan dan mampu mengelola pembelajaran dan kemampuan membaca siswa. Terdapat beberapa siswa di SDN 01 Taman kelas 3 yang kurang memiliki keterampilan membaca pemahaman yang baik, dan beberapa siswa merasa kesulitan untuk menginterpretasikan atau memahami bacaan dan menceritakan kembali apa yang telah dibaca.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022a). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298
Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022b). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3298
Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295
Dewi, S. M., Prawiyogi, A. G., Anwar, A. S., & Wahyuni, C. S. (2021). Efektivitas Strategi Direct Reading Thingking Activities terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 453–455. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.786
Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412
Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar 190. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar Volume 2 Nomor 2 Desember 2015 P-ISSN 2355-1925 PENANAMAN, 2, 190–204.
Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v madrasah ibtidaiyah negeri 2 bandar lampung tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–21. https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1190
Isfihananti, A. R. (2016). Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Dieng Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang, 64. file:///C:/Users/User/Downloads/Documents/1401412309.
Kelas, S., Slb, V. Di, Sinjai, N., Sinjai, K., & Bone, U. M. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Anak Tunagrahita Ringan Pada. 8(1), 1037–1045.
Khairul. (2022). Penerapan model pembelajaran tipe cooperative integrated reading composition diterapkan untuk kelas IV SD Girimoyo 02 Malang. Https://Medium.Com/, 6–21. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Kurniawanti, R. (2013). Membaca , Kecepatan Membaca, Pemahaman Bacaan, Kemampuan Membaca Siswa Kelas XII SMA di Surabaya . Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2–9(1), 1.
Luketić, D. (2017). Nacrt istraživanja: kvalitativni, kvantitativni i mješoviti pristupi. Acta Iadertina, 8(1). https://doi.org/10.15291/ai.1252
Mawaria, M. (2019). Implementasi Metode SQ3R dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SDN 135 Rejang Lebong. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 177. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i2.663
Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860–869. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2605
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Zahra Khusnati, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.