Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 4 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa SDN Kincang 03 Kecamatan Jiwan

Afrida Kiraysa Nurjannah, Elly Astuti

Abstract


Permasalahan pendidikan di Indonesia adalah rendahnya kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Literasi numerasi adalah kemampuan sesorang dalam melakukan dan menggunakan penalaran yang melibatkan berbagai macam angka. Kegiatan Kampus Mengajar memberi kesempatan mahasiswa untuk mengasah jiwa kepemimpinan, soft skills, karakter serta menegtahui kondisi pendidikan di lapangan. Metode yang digunakan adalah kualitatif berupa wawancara dan observasi secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan literasi dan numerasi siswa melalui kegiatan pemanfaatan sudut baca disetiap kelas, MABAR (Maca Bareng), PENYABAR BACA (Pengayaan Bareng Membaca), METEOR (Numerasi dan Teori) dan NUPRAK (Numerasi Praktek). Adanya program kerja yang disusun dan dilaksanakan mahasiswa saat di sekolah diharapkan dapat dikembangkan serta dilaksanakan kembali dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Literasi numerasi, Pendidikan, Kampus Mengajar

Full Text:

PDF

References


Agung, I. G. A. M., Safitri, N. K., Guntari, N. W. R., Dewi, N. N. P. K., Kesumawati, N. W. A., & Oktarini, N. K. I. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Sd Negeri 3 Melinggih Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3. Abdimas Galuh, 4(2), 1213-1223.

Etika, E., Pratiwi, S. C., Lenti, D. M. P., & Al Maida, D. R. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 dalam Adaptasi Teknologi di SDN Dawuhan Sengon 2. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 281-290.

Manalu, M. F., Siahaan, M., Pardede, S., & Marbun, Y. M. R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Literasi Dan Numerasi Serta Adaptasi Teknologi Di Smp Negeri 2 Aek Kuasan Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 79-89.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535-1541.

Saragih, R. B., & Agustriani, H. E. (2022). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 2 di SD Swasta IT Zia Salsabila. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 318–328. http://pkm.uikabogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/1175/925

Qudsya, H., Maharani, S., Fitri, R. F. E., & Hidayat, A. F. (2022). Analisis Pojok Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12146-12156.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Afrida Kiraysa Nurjannah, Elly Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.