Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Berbantuan Website Genially terhadap Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Pembelajaran diferensiasi merupakan salah satu alternatif perbaikan proses pembelajaran yang ada. Pembelajaran diferenasiasi sejalan dengan tujuan kurikulum merdeka yang saat ini diterapkan. Penerapan pembelajaran diferensiasi yang dibantu dengan teknologi salah satunya dengan website genially mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga hasil dari pembelajaran akan lebih maksimal. Pembelajaran dengan cara permainan akan membuat motivasi belajar siswa meningkat karena pembelajaran mayoritas dilakukan dengan hanya transfer ilmu dari guru ke siswa dengan cermah atau atau jawab. Belajar dengan cara bermain serta memperhatikan karakteristik siswa akan menciptakan pembelajaran diferensiasi yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Ketika motivasi belajar siswa mengingkat maka tujuan pembelajaran akan mudah tercapai. Tidak hanya mudah tercapai juga akan lebih bermakna bagi siswa yang menjadi tujuan utama pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Enstein, J., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Bilangan Pangkat dan Akar menggunakan Genially. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(1), 101–109.
Enung Hasanah, Ika Maryani, Suyanto, R. G. (2023). Diferensiasi Berbasis Digital Di Sekolah (1st ed.). Yogyakarta: Maret 2023.
Giawa, M., Mahulae, S., Remigius, A., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 067245 Medan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 327–332. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.483
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Khoirun Ni’mah, N., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Genially Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Malang. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1731
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran (1st ed.; E. Kuswandi, ed.). Bandung: 2013.
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran (1st ed.; S. F. Sangkala, ed.). Jakarta: Maret 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Allisya Sendy Syahputri, Candra Dewi, Heny Kusuma Widyaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.