Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas V
Abstract
Tujuan dari penulisan artikel ini untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran problem based learning dalam perspektif implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis pada pembelajaran matematika. Dengan latar belakang penurunan kualitas belajar peserta didik dalam aktivitas belajar mengajar. Penulisan dalam artikel ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pengumpulan data melalui observasi dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Jiwan 02 yang berjumlah 16 siswa. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif dan dilakukan selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan ketrampilab berpikir kritis pada pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dari skor presentase ketrampilan berpikir kritis pada siklus I sebesar 68,75 % meningkat menjadi 75% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem bassed learning dapat meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). “Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan …, 2(1), 76–84. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/388
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 112.
Maghfiroh, N., & Sholeh, M. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Menghadapi Era Disrupsi dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5), 1185-1196.
Nisa, A., MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 4(1), 95. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11655
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aulia Maratusholihah, Endang Sri Maruti, Vivi Rulviana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.