Analisis Kegiatan Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SD Negeri Kayutrejo 03
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran mahasiswa kampus mengajar angkatan 5 pada sekolah penempatan melalui implementasi berbagai program kampus mengajar dalam upaya memberikan peningkatan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian kegiatan Kampus Mengajar di SD Negeri Kayutrejo 03 Widodaren dalam implementasi dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dengan total siswa 35 orang. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan langsung) yang ditujukan langsung kepada kepala sekolah, guru pamong, tenaga pendidik, serta siswa dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunakaan media pembelajaran yang bervariatif sangat mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar, hal itu dibuktikan dengan adanya pencapaian pada tes yang dilakukan dengan menggunakan AKM Kelas, dimana pada hasil literasi mengalami peningkatan sebesar 11,7% dan pada numerasi sebesar 8,4%.
Keywords
References
Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.
https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2018). literasi numerasi untuk sekolah dasar. UMMPress.
Haddar, G. Al, & Juliano, M. A. (2021). Analisis Media Pembelajaran Quizizz dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4794–4801.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1512
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika.
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109.
https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111
Kamsyach. A, E. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif guru dan siswa. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyani, D. (2013). hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 27–31.
https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012017
Palupi, R., Anitah, S., & Budiyono. (2014). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Kinerja Guru dalam Mengelola Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 157–170.
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405
Sanjaya, W. (2011). Kurikulum dan pembelajaran: Teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).
Suharni, & Purwanti. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145.
Wahidmurni, W. (2017). pemaparan metode penelitian kualitatif. 87(1,2), 149–200.
Winarni, D. (2016). Motivasi Belajar Ditinjau dari Dukungan Sosial Orangtua pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi, 1(69), 5–24.
Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 232–245.
https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sulistiyani Sulistiyani, Elly Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.