Implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui Kegiatan Kampus Mengajar 5 di SDN Banjarpanjang 2 Kabupaten Magetan

Stely Aulia Trifananta, Elly Astuti

Abstract


Profil Pelajar Pancasila penting dalam pendidikan karakter pelajar Indonesia yang dikembangkan di satuan pendidikan di Indonesia dengan menunjukkan nilai gotong royong, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta Berakhlak Mulia, Kreatif, Berkhebinekaan Global, Mandiri, dan Bernalar Kritis. Profil Pelajar Pancasila ini merupakan salah satu bagian dari Merdeka Belajar yang diterapkan di dalam pembelajaran maupun program Kemendikbud salah satunya Kampus Mengajar Angkatan 5. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai profil pelajar Pancasila dalam kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 5 di SDN Banjarpanjang 2, Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi serta wawancara kepada kepala sekolah serta guru pamong. Data dikumpulkan dengan teknik analisis reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan nilai profil pelajar Pancasila di SDN Banjarpanjang 2, Kabupaten Magetan diterapkan dengan kegiatan membuat majalah dinding, market day, pembiasaan membaca surah pendek, menanam sayuran, senam P5, dan keterampilan melukis teknik ciprat. Kegiatan berjalan dengan baik dan siswa sangat antusias. 


Keywords


Profil Pelajar Pancasila, Kampus Mengajar, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, K. J. Al, Yazdi, T., & Fathi, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar.7(2), 266–272.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Istiawati, N. F. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 10(1), 1. https://doi.org/10.30957/cendekia.v10i1.78

Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063

Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(1). 27-31.

Nugroho, F. J., & Sari, D. N. (2020). Kawruh Pamomong: Pendidikan Karakter Kristiani Berbasis Kearifan Lokal. Kurios, 6(2), 289. https://doi.org/10.30995/kur.v6i2.179

Putri, R. S. (2023). Konsep Implementasi Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Filsafat Kontruktivisme. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Raco, J. (2018). "Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya". OSF Preprints. July. 18. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Sartika, A., Hidayat, S., & Suryana, Y. (2022). Penggunaan Metode Menghafal Al-Quran untuk Anak Usia Sekolah Dasar (Systematic Literature Review). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 752–766.

Sitompul, E., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2022). Karakter Gotong Royong dalam Paket Pembelajaran Sema. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3473–3487. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1674

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Tatag. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 1–15.

Umar, W. (2021). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Gerakan Majalah Dinding Kelas. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(3), 206–215. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i3.394


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Stely Aulia Trifananta, Elly Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.