Implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui Kegiatan Kampus Mengajar 5 di SDN Banjarpanjang 2 Kabupaten Magetan
Abstract
Profil Pelajar Pancasila penting dalam pendidikan karakter pelajar Indonesia yang dikembangkan di satuan pendidikan di Indonesia dengan menunjukkan nilai gotong royong, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta Berakhlak Mulia, Kreatif, Berkhebinekaan Global, Mandiri, dan Bernalar Kritis. Profil Pelajar Pancasila ini merupakan salah satu bagian dari Merdeka Belajar yang diterapkan di dalam pembelajaran maupun program Kemendikbud salah satunya Kampus Mengajar Angkatan 5. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai profil pelajar Pancasila dalam kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 5 di SDN Banjarpanjang 2, Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi serta wawancara kepada kepala sekolah serta guru pamong. Data dikumpulkan dengan teknik analisis reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan nilai profil pelajar Pancasila di SDN Banjarpanjang 2, Kabupaten Magetan diterapkan dengan kegiatan membuat majalah dinding, market day, pembiasaan membaca surah pendek, menanam sayuran, senam P5, dan keterampilan melukis teknik ciprat. Kegiatan berjalan dengan baik dan siswa sangat antusias.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, K. J. Al, Yazdi, T., & Fathi, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar.7(2), 266–272.
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Istiawati, N. F. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 10(1), 1. https://doi.org/10.30957/cendekia.v10i1.78
Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063
Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(1). 27-31.
Nugroho, F. J., & Sari, D. N. (2020). Kawruh Pamomong: Pendidikan Karakter Kristiani Berbasis Kearifan Lokal. Kurios, 6(2), 289. https://doi.org/10.30995/kur.v6i2.179
Putri, R. S. (2023). Konsep Implementasi Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Filsafat Kontruktivisme. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Raco, J. (2018). "Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya". OSF Preprints. July. 18. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Sartika, A., Hidayat, S., & Suryana, Y. (2022). Penggunaan Metode Menghafal Al-Quran untuk Anak Usia Sekolah Dasar (Systematic Literature Review). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 752–766.
Sitompul, E., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2022). Karakter Gotong Royong dalam Paket Pembelajaran Sema. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3473–3487. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1674
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Tatag. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 1–15.
Umar, W. (2021). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Gerakan Majalah Dinding Kelas. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(3), 206–215. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i3.394
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Stely Aulia Trifananta, Elly Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.