PENERAPAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR

Bayu Adji, Dahlia Novarianing Asri, Pinkan Amita Tri Prasasti

Abstract


Secara filosofis, pendidikan multikultural didirikan atas dasar pemikiran bahwa ada keragaman yang disebut juga pluralitas di samping kebangsaan, ras, etnis, bahasa, tradisi, agama, kepentingan, dan segudang faktor lainnya. yang juga harus dihormati, diakui, atau digunakan. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif yang dikumpulkan langsung dari lingkungan alam dengan menggunakan instrumen yang disediakan oleh peneliti. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan realitas dan kualitas saat ini dari suatu artikel atau cenderung terkonsentrasi sehingga mereka akurat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran PPKn oleh guru cukup baik. Hal ini dilihat dari cara yang dilakukan guru selama pembelajaran, mencakup menyusun, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mempersiapkan materi dan media, dan mengkaji materi tentang ragam yang ada di Indonesia dan cara kita harus menanggapinya keragaman yang mengelilingi kita di mana-mana.


Keywords


Pendidikan multikultural, pembelajaran PPKn

Full Text:

PDF

References


Anderson, Irzal, and Maria Ulfa. 2018. “Penerapan Nilai Cinta Tanah Air Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(I):145–62.

Asri, Dahlia Novarianing. 2018. “Kenakalan Remaja: Suatu Problematika Sosial Di Era Milenial.” Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling) 2(1):1–14.

Asri, Dahlia Novarianing, and Suharni Suharni. 2021. MODIFIKASI PERILAKU TEORI DAN PENERAPANNYA.

Asri, Dahlia Novarianing, and sunarto Sunarto. 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja (Studi Kualitatif Pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun).” Jurnal Konseling Gusjigang 6(1):1–11.

Budiarti, Melik, Pinkan Amita, Tri Prasasti, and Octarina Hidayatus Sholikhah. 2018. “KELAYAKAN BUKU PEDOMAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA.” 3(September):112–15.

Dike, Daniel. 2017. “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEKOLAH DASAR DI WILAYAH 3T.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3(April):227–87.

Elihami, Elihami, and Abdullah Syahid. 2018. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya Dan Terapan 2(1):79–96. doi: 10.58218/kasta.v2i3.408.

Fitria, Desi, and Sri Wahyuni. 2021. “Pembinaan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Di Sdn 54 Anak Air, Padang.” Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah 6(2):191–201. doi: 10.34125/kp.v6i2.628.

Latifah, Nur, Arita Marini, Arifin Maksum, and Maksum Arifin. 2021. “Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka).” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 6(2):42–51. doi: 10.29407/jpdn.v6i2.15051.

Najmina, Nana. 2018. “Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia.” Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 10(1):52–56. doi: 10.24114/jupiis.v10i1.8389.

Retnasari, Lisa. 2018. “Strategi Pendidikan Multikultural Sebagai Upaya Mencegah Radikalisme Di Era Globalisasi.” Mengembangkan Kompetensi Pendidik Dalam Menghadapi Era Disrupsi" Kerjasama PGSD - POR UMS 161–70.

Sari, Nofrika. 2016. “Instructional English Reading Materials Used By Teacher at Grade X SMKN I Pangkalan Koto Baru 50 Kota Regency.” JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies 1(June,21):61–71.

Sati, Lara, and Dinie Anggareni Dewi. 2021. “Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pendidikan Multikultural.” Pendidikan Multikultural 5(1):904–9.

Sidiq, Dr. Umar M. A., and Dr. Moh. Miftachul. M. Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Vol. 53.

Wardatul, Baldah, Sumarna Cecep, Yuniarto Bambang, and Cirebon IAIN Syekh Nurjati. 2016. “PENGARUH PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP PLURALIS SISWA DI MTsN BABAKAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON.” Jurnal Edueksos V(1):115–26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bayu Adji, Dahlia Novarianing Asri, Pinkan Amita Tri Prasasti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.