Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan sopan santun siswa kelas XI multimedia 2 SMKN 1 ponorogo

Bagus Nugraha Adin Saputra, Rischa Pramudia Trisnani, Dawam Suhada

Abstract


Sopan santun merupakan sebagai bentuk perwujudan dari budi pekerti luhur yang didapatkan dari pengalaman, pendidikan dan teladan dari seseorang. Era globalisasi telah membawa perkembengan yang pesat pada teknologi dan informasi sehingga membuat banyak perubahan, salah satunya perubahan pada perilaku manusia. Perubahan pada perilaku manusia yang dimaksud adalah kurangnya sikap sopan santun siswa. Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMKN 1 Ponorogo menunjukkan bahwa ada banyak siswa kelas XI yang kurang dalam berperilaku sopan santun seperti berkata jorok, perbuatan yang tidak pantas, serta berperilaku tidak sopan kepada guru dan teman-temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sopan santun siswa kelas XI multimedia 2 SMKN 1 Ponorogo melalui bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Metode penelitian yang digunakan adalah PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Kegiatan penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Ponorogo pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023 dengan subjek siswa kelas XI multimedia 2. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dengan melalui pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan sopan santun siswa. Hal tersebut dibuktikan peningkatan pada setiap siklusnya.


Keywords


Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Sopan Santun

Full Text:

PDF

References


Chazawi, A. (2007). Tindak Pidana Mengenai Kesopanan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Marzuki .(2009). Konsep Dasar Pendidikan Karakter. Yogyakarta: FISE UNY.

Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan LLPM UM METRO, 1(1).

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Tindakan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. ALFABETA cv.

Sari, E. P. (2013). Pengembangan Model Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Prososial. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2).

Utami, Y. E., & Prasetiawan, H. (2022). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4).

Utomo, D. P., Masturi., & Mahardika, N. (2021). Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bagus Nugraha Adin Saputra, Rischa Pramudia Trisnani, Dawam Suhada

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.