Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Dela Nur Apriani, Elly’s Mersina Mursidik, Rissa Prima Kurniawati

Abstract


Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajarn matematika yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Alternatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) merupakan pendekatan pembelajaran yang menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan nyata dan menjadikan pengalaman siswa sebagai titik tolak pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 Se-Kecamatan Madiun. Teknik pengambilan sampel menggunaakan teknik sampling jenuh. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan post-test untuk mengetahui nilai hasil belajar matematika. Data hasil belajar diuji dengan menggunakan uji T Test paired Sample. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar matematika dengan hasil signifikan 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika kelas V SD.


Keywords


pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraini, F. (2019). Penenerapan Pendekatan Rme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sdit Raudhaturrahmah Pekanbaru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.2

Catrining, L., & Widana, I. W. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap minat dan hasil belajar matematika. Jurnal Emasains, VII(2), 120–129. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548071

Hidayat, A. S. (2012). Manajemen sekolah berbasis karakter. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 1(01), 8–22.

Mulia, E., Zakir, S., Rinjani, C., & Annisa, S. (2021). Kajian Konseptual Hasil Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhinya. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 137–156.

Rahayu, S. (2012). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. In Jurnal Pendidikan Universitas Sultan Syarif Kasim Riau (Vol. 3).

Sari, N. D., & Setiawan, J. (2020). Papan gekola sebagai media pembelajaran matematika yang inovatif dengan pendekatan STEAM. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains Dan Matematika Unpam, 3(1), 31–41.

Sukri, Y. F., & Widjajanti, D. B. (2015). Pengaruh Pendekatan Rme Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Sd Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 227. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6503

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dela Nur Apriani, Elly’s Mersina Mursidik, Rissa Prima Kurniawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.