Upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada paserta didik kelas VIII di SMPN 1 badegan tahun ajaran 2022/2023

Anugrah Aziz Dwi Purnama, Silvia Yula Wardani, Martini Martini

Abstract


Kepercayaan diri merupakan sebuah keyakinan pada kemampuan dirinya sendiri atau kemampuan yang dimiliki. Terjadinya pandemi covid-19 pada awal tahun 2020 sampai awal tahun 2022 seluruh kegiatan siswa untuk belajar di sekolah sangat dibatasi dan dilakukan secara daring dari rumah. Kebijakan tersebut berdampak terhadap menurunnya kepercayaan diri siswa. Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMPN 1 Badegan khususnya pada siswa angkatan yang terdampak pandemi covid-19 jelas terbukti bahwa terdapat siswa yang memiliki tingkat percaya diri rendah dibuktikan dengan terlihat malu, tidak berani mengemukakan pendapat, tidak berani tampil di depan kelas dan sulit memulai untuk berinteraksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Metode penelitian yang digunakan adalah PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Kegiatan penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Badegan pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023 dengan subjek 6 siswa kelas VIII D yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah akibat dampak pandemi covid-19. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dengan melalui pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hal tersebut dibuktikan peningkatan pada setiap siklusnya yaitu pada siklus 1 seluruh siswa belum bisa meningkatkan kepercayaan diri dan pada siklus 2 seluruh siswa sudah bisa meningkatkan kepercayaan diri.


Keywords


Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Kepercayaan Diri

Full Text:

PDF

References


Al-Halik, A., & Rakasiwi, N. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Consilium, 7(1).

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakulikuler Pramuka terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2).

Anggreni, M. A. (2016). Penerapan Bermain Peran untuk Membagi Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Jurnal Of Eraly Childbood And Inclusive Education, 1 (1).

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2).

Dewi, D. M., & Suharso, S. (2013). Kepercayaan Diri Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua pada Siswa VII (Studi Kasus). Jurnal IJGC, 2(4).

Ghufron, N. & Risnawita, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri . Jakarta: Puspa Swara.

Gaol, P. L., Khumaedi, M., & Masrukan (2017). Pengembangan Instrument Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Jurnal of Education Research and Evaluation, 6(1).

Sari, E. P. (2013). Pengembangan Model Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Prososial. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2).

Suryani, C. D. (2020). Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X PS2 SMK Negeri 1 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1).

Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan LLPM UM METRO, 1(1).

Pratiwi, D. A., Budiono, A. N., & Mutakin, F. (2019). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama. Jurnal Consulenza, 2(1).

Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. ALFABETA cv.

Susilowati, P. S., Rakhmawati, D., & Hartini, T. (2022). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung. Jurnal G-Couns, 6(2).

WHO. (2023). Penyakit Virus Corona (COVID-19). Diakses pada 10 Juni 2023, dari https://www-whoint.translate.goog/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc&_x_tr_hist=true#tab=tab_1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anugrah Aziz Dwi Purnama, Silvia Yula Wardani, Martini Martini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.