Efisiensi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMPN 161 Jakarta

Zahara Cahya Septiani, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Pendidikan merupakan sarana untuk pemenuhan kebutuhan dasar hidup manusia. Dalam pendidikan tidak pernah terlepas dari proses pembelajaran dan pengajaran yang diberikan oleh guru. Kehadiran Kurikulum Merdeka juga sangat berpengaruh pada pembelajaran serta pengajaran. Dengan adanya Kurikulum Merdeka yang memberikan kebebasan kepada siswa dalam kegiatan belajarnya menjadikan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Guru Bahasa Indonesia kelas VII dan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Wawancara. Dari hasil penelitian ini terdapat efisiensi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran dan pengajaran Bahasa Indonesia kelas VII di SMPN 161 Jakarta yang memberikan pembelajaran sesuai dengan fasenya yang mengarah pada softskill dan holistik siswa. Kurikulum merdeka dibangun sesuai dengan kebutuhan siswa, pada pengembangan kurikulum ini siswa menjadi fokus utama dalam hal pembelajaran maupun pengajaran. Hal itu dapat menghasilkan siswa yang mampu berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, mampu menanggapi diskusi, dan mampu berkomunikasi yang baik, sehingga mempunyai karakter yang bagus dalam olah bahasa yang dilakukan pada pembelajaran dan pengajaran.


Keywords


Kurikulum Merdeka, Efisiensi, Pembelajaran, Pengajaran.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, L., dkk. 2022. Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, Volume 8 No 2.

Sumarsih, I., dkk. 2022. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Volume 6 No 5.

Amalia, M. 2022. Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA). Volume 1 No 1.

Fadilah, N. U. 2019. Media Pembelajaran.

Yuanta, F. 2017. Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar. IBRIEZ, Volume 2 No 2.

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Widyastono, H. 2012. Muatan pendidikan holistik dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, Volume 18 No 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zahara Cahya Septiani, Khaerunnisa Khaerunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.