Pengaruh Media Animasi Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Dongeng Fabel pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Velyn Febianti, Heny Kusuma, Eka Nofri Ari Yanto

Abstract


Riset ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengaplikasian media animasi audio visual terhadap keterampilan menulis cerita fabel pada siswa yang tergabung dalam kelompok pembelajaran III di SD Negeri 1 Klegen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design melalui pembentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pendekatan riset yang diterapkan adalah Nonequivalent Control Group Design, di mana kedua kelompok tidak dipilih secara acak. Kelompok eksperimen menerima treatment berupa pengajaran menggunakan media animasi, sedangkan kelompok kontrol tidak mendapatkan treatment atau pengajaran tanpa menggunakan media animasi. Tujuan dari penerapan pendekatan pengajaran yang berbeda ini adalah untuk mengkaji dampak media animasi dan sejauh mana dampak tersebut, dengan memberikan treatment khusus pada kelompok eksperimen dan kontrol, sehingga dapat membandingkan peningkatan minat belajar siswa. Sampel dalam riset ini terdiri dari 56 siswa kelompok pembelajaran III di SD Negeri 1 Klegen, yang dibagi menjadi dua kelompok belajar, yaitu kelompok IIIA dan kelompok IIIB. Pengambilan sampel dilakukan melalui metode purposive sampling, sehingga terdiri dari 28 siswa dari kelompok IIIA dan 28 siswa dari kelompok IIIB.


Keywords


anak cerdas istimewa; berbakat istimewa; model pengajaran; peran orang tua

Full Text:

PDF

References


Dasar, D. I. S., & Nugroho, A. S. (2022). ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS SISWA MELALUI MEDIA BUKU DONGENG KELAS 2 Anggi Vivi Ana. 7(2), 167–180.

Febriani, C., Palangka, U., Jalan, R., Sudarso, Y., Raya, J., & Raya, K. P. (2017). Jurnal Prima Edukasia , 5 ( 1 ), 2017 , 11-21 Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar The Effect of Video Media on Learning Motivation and Cognitif Learning Outcomes in Natural Scien. 5(1), 11–21.

Martha, N., & Situmorang, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2(2), 166. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Pranata, K., Kartika, Y. W., & Zulherman, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita. Jurnal Basicedu, 5(3), 1271–1276. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/867

Rika Kurnia sari. (2020). Research & Learning in Primary Education Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat SD Kurnia in. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat SD Research, 2. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/582

Sugiyono, P. D. (2019). Metode PENELITIAN PENDIDIKAN (M. . Dr. Apri Nuryanto,S.Pd., S.T. (ed.); 1st ed.).

Sulman, F., Tanti, T., Habibi, M., & ZB, A. (2021). Pengaruh Media Animasi Berkarakter Islami Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bumi dan Antariksa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 135–146. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1044


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Velyn Febianti, Heny Kusuma, Eka Nofri Ari Yanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.