Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Thitania Ambar Widihantari, Endang Sri Maruti, Melik Budiati

Abstract


Bahasa dan komunikasi memiliki kaitan erat satu sama lain. Kedua hal tersebut adalah aspek yang dapat berkembang dan memiliki peran yang sangat penting bagi hidup manusia. Untuk berkomunikasi, bahasa adalah salah satu jenis kode sosial. Bahasa merupakan alat yang berfungsi untuk penyampaian isi yang terdapat dalam, Bahasa dipergunakan untuk berkomunikasi, selain itu bahasa adalah alat untuk berinteraksi dengan manusia lainnya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, yaitu peneliyin yang menyangkut individu, kelompok, satu organisasi pada waktu tertentuHasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi kurangnya kemampuan membaca pada siswa, antara lain faktor fisiologis, faktor intelektual, faktor lingkungan, faktor sosial ekonomi siswa dan faktor psikologis. Selain itu terdapat hal yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca yaitu motivasi, lingkungan keluarga dan bahan bacaanBerdasarkan kesimpulan di atas, diharapkan guru terus mematau kemampuan membaca anak, selalu mendukung siswa agar minat belajar pada siswa meningkat. Selain itu, orang tua harus aktif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Memperhatikan anak dan mendukung mereka meningkatkan keinginan anak untuk belajar.

Keywords


keterampilan; membaca; model pembelajaran; peran orang tua

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2012). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Arifin, Z. (2011). Penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Christianti, M. (2013). Membaca dan menulis permulaan untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 312-317.

Hasanudin, C. (2016). Pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media aplikasi bamboomedia bmgames apps pintar membaca sebagai upaya pembentukan karakter siswa sd menghadapi MEA. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 1-12. Doi http://doi.org/10.21070/pedagogia.v5 i1.84.

Hasanudin, C. dan Puspita, E. L. (2017). Peningkatan motivasi dan keterampilan membaca permulaan siswa kelas i melalui media aplikasi bamboomedia bmgames apps. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–13. Doi

http://doi.org/10.21070/pedagogia.v6 i1.618.

Januarti, D. W. (2016). Analisis kesulitan belajar dalam pembelajaran membca cepat siswa kelas v SD gugus 6 Kecamatan Abang. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(4), 1-10.

Jauhari, S., Marhaeni, A. A. I. N., & Sutama, M. (2013). Pengaruh implementasi strategi dia tampan berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar membaca permulaan. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1-9.

Miles, M. dan Huberman, M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Musaba, Z. (2012). Bahasa Indonesia untuk mahasiswa. Yogyakarta: CV. Aswaja Pressindo.

Mustikowati, D., & Wijayanti, E. (2016). Meningkatkan semangat membaca dan menulis siswa sekolah dasar dengan permainan kata bersambut. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 39-42.

Pratiwi dan Ariawan. (2017). Analsiis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar. Sekolah Dasar, 26(1), 69-76.

Rahim, F. (2011). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137.

Saddhono, K dan Slamet. (2014). Pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Slamet. (2008). Dasar-dasar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. Surakarta: UNS Press.

Widyaningrum, H. K. dan Hasanudin, C. (2019). Kajian kesulitan belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) pada siswa kelas II [Study of Difficulty Learning to Read Beginning Writing (MMP) in Class II Students], PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 189-200. Doi https://doi.org/10.21070/pedagogia.v 8i2.2219.

Widyaningrum, H. K. dan Hasanudin, C. (2019). koleksi bahan pustaka dan minat baca siswa terhadap keterampilan menulis cerita narasi, Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra V tentang Bahasa, Sastra,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Thitania Ambar Widihantari, Endang Sri Maruti, Melik Budiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.