Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Wayang Kebutuhan Manusia Mata Pelajaran IPAS Kelas IV
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemanfaatan media pembelajaran wayang kebutuhan manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mruwak 01 pada materi kebutuhan manusia pada mata pelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif bekerjasama dengan guru kelas di SDN Mruwak 01. PTK dilaksanakan selama dua siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 11 siswa yang terdiri dari 8 laki-laki dan 3 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa melalui media wayang kebutuhan manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 67 dengan kategori keaktifan siswa “cukup”. Sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 86 dengan kategori aktivitas siswa “sangat baik”. Dari hasil yang diperoleh pada tindakan siklus II sebesar 90,9090% siswa telah memenuhi indikator capaian keaktifan belajar yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran wayang untuk kebutuhan manusia dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV pada materi kebutuhan manusia di SDN Mruwak 01 tahun pelajaran 2022/2023.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Octamaya Tenri Awaru. (2016). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 3(2), 136–142. http://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/2376
Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Ed rev.). Bumi Askara.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (A. Rahman (Ed.); Ed. Revisi). PT. Raja Grafindo.
Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis Antusiasme Siswa Dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17
Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11013
Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353–371. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6751
Karsidi, R. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (P. Latifah (Ed.)). PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294
Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya - Nurdinah Hanifah - Google Buku. (2014). Hanifah, N. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=SQVKDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=model+spiral+kurt+lewin+PTK&ots=jMJmWuP-xu&sig=4gAxHGxcBHZuc_PNrYzajMNmcFk&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Penelitian, J., Ilmu, P., Siswa, K. B., Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). LITPAM, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/991
Saniah, S. L., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di SD Bakung III. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hail Pemikiran, Penelitian, Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 8(2), 76–80.
Sari, D., & Lestari, N. D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31851/neraca.v2i2.2690
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Rendy (Ed.); Edisi Keem). PRENADAMEDIA GRUP.
Shoimah, R. N. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iii Mi Ma’Arif Nu Sukodadi-Lamongan. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.52166/mida.v3i1.1836
Sundari, N. (2016). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1). https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2836
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Shelasari Wahyu Endaro, Octarina Hidayatus Sholikhah, Kusnul Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.