PENINGKATAN CRITICAL THINGKING MATA PELAJARAN IPAS MELALUI PENERAPAN MODEL PjBL DI KELAS 4 SDN 1 SUREN

Shahriza Primadi, Ivayuni Listiani, Zulfiah Zulfiah

Abstract


Dalam era perkembangan teknologi dan informasi saat ini, kemampuan berpikir kritis menjadi sangat penting bagi siswa dalam menghadapi tantangan di masa depan. Berpikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan masalah secara rasional, logis, dan reflektif. Penelitian ini merupakan sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus untuk meningkatkan critical thinking siswa kelas 5 dalam mata pelajaran IPAS dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). Hasil penelitian pada kategori sangat baik, terjadi peningkatan dari 0% pada prasiklus menjadi 10% pada siklus 1, dan kemudian meningkat menjadi 50% pada siklus 2. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dengan baik seiring berjalannya pembelajaran. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran IPAS di SDN 1 Suren telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa


Keywords


Critical Thinking; Project Based Learning, Pembelajaran IPAS

Full Text:

PDF

References


Sapriya. (2009) Pelndidikan IPS. Bandung: Rosda Karya. Arikunto S, dkk. (2009). Pelnellitian Tindakan Kellas, Jakarta: Bumi Aksara.

Ula, S.S. 2013. Relvolusi Bellajar: Optimali- sasi Kelcelrdasan Mellalui Pelmbellajaran. Belrbasis Kelcelrdasan Majelmuk. Yogya- karta: Ar Ruzz Meldia.

Usman Samatowa. (2006). Bagaimana Melmbellajarkan IPA di Selkolah Dasar. Jakarta: Delpdiknas. Undang-Undang RI. (2003). Sisdiknas.

Farid, M & Pramukantoro, J.A. (2013) Pelngaruh Pelmbellajaran Belrbasis Proyelk. Telrhadap Hasil Bellajar Siswa pada Standar Kompeltelnsi Melnelrapkan.

Nugraha, Abdi Rizka., Kristin, Firosalia., Anugrahelni, Indri. (2020). Pelnelrapan Modell Pelmbellajaran Projelct Baseld Lelarning (PjBL) Untuk Melningkatkan Krelativitas Dan Hasil Bellajar IPA Pada Siswa Kellas 5 SD. KALAM CELNDELKIA, Volumel 6, Nomor 4.1, hlm. 9 – 15.

Sinta, Mulia., Sakdiah, Halimatus., Novita, Nanda., Ginting, Fajrul Wahdi., Syafrizal. Pelnelrapan Modell Pelmbellajaran Projelct Baseld Lelarning (PjBL) untuk Melningkatkan Kelmampuan Belrpikir Krelatif Siswa pada Matelri Hukum Gravitasi Nelwton di MAS Jabal Nur. Jurnal Phi: Jurnal Pelndidikan Fisika dan Fisika Telrapan. Vol 3 (3), Hal. 24-28

Surya, Andita Putri, Rellmasira, Stelfanus C., Hardini, Agustina Tyas Asri. (2018). Pelnelrapan Modell Pelmbellajaran Projelct Baseld Lelarning (PjBL) Untuk Melningkatkan Hasil Bellajar Dan Krelatifitas Siswa Kellas Iii Sd Nelgelri Sidoreljo Lor 01 Salatiga. JURNAL PELSONA DASAR Vol. 6 No. 1, April 2018, hal.41-54.

Wahyuni, ELka, Fitriana. 2021. Implelmelntasi Modell Pelmbellajaran Projelct Baseld Lelarning (PjBL) Dalam Melningkatkan Hasil Bellajar Pelselrta Didik Pada Mata Pellajaran Pelndidikan Agama Islam SMP Nelgelri 7 Kota Tangelrang. Tadarus Tarbawy. Vol. 3 No. 1 Jan – Juni 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Shahriza Primadi, Ivayuni Listiani, Zulfiah Zulfiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.