PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 02 MANISREJO

Sevi Anisa Endi Nirmalasari, Dewi Tryanasari, Cerianing Putri Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PJBL terhadap hasil belajar peserta didik. penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Quasy Eksperiment Design. Subyek penelitian terdiri dari 40 peserta didik kelas IV SDN 02 Manisrejo kota Madiun yang terdiri dari 20 peserta didik untuk kelas eksperimen 20 peserta didik untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian in adalah tes dan dokumentasi.pengumpulan data melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan exel. Kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji T. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kelas ekperimen yang menggunakan model PJBL. Hasil rata-rata posttest kelas eksperimen 84,25 dan hasil Thitung (8,2) > Ttabel (2,086) dengan taraf signifikansi 0,05. Model pembelajaran PJBL sangat berpengaruh terhadap peserta didik kelas IV pada pembelajaran IPA.


Keywords


Project Based Learning (PJBL), hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Alghaniy Nurhadiyat, R. Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa. JURNAL BASICEDU, 327-333.

Amin, R. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN PROJECT BASED LEARNING DAN MOTIVASI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015.

Ariyana. (2018). Buku Pegangan Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Asih. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara.

Atep. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Teori dan Implementasi (Cetakan1). Rajawali Press.

Hilda Sovia Marwah, Y. S. (2021). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL. JOURNAL OF SOCIAL STUDIES, ARTS AND HUMANITIES (JSSAH), 42 - 45.

Iszur Fahrezi, M. T. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN PROFESI GURU, 408-416.

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(1).

Rusman, (2010) Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)

Silmy Nauli Izati, W. M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi. Jurnal Pendidikan, 1122—1127.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sevi Anisa Endi Nirmalasari, Dewi Tryanasari, Cerianing Putri Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.