ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penggunaan media pembelajaran membuat kegiatan pembelajaran tidak membosankan serta dapat memotivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah meta analisis yaitu pendekatan atau teknik yang bertujuan untuk menganalisis hasil penelitian terdahulu yang sesuai dengan topik yang dibahas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitafif dengan mengumpulkan data dari jurnal online sebanyak 10 artikel yang sesuai dengan topik penelitian kemudian dilanjutkan dengan menganalisis artikel yang sudah dikumpulkan. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Dari hasil penelitian menujukkan bahwa selisih terendah adalah 0,85 dan selisih tertinggi adalah 15,75. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran Audio Visual dapat meningkatkan kualiatas hasil belajar yang dilakukan oleh peserta didik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angreiny, D., Muhiddin, M., & Nurlina, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba. Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen, 18(1), 42–49.
Faishol, R., & Mashuri, I. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 2 Mi Tarbiyatus Sibyan Srono. INCARE: International Journal of Educational Resources, 01(06), 523–540.
Fatimah, W., Iskandar, A. M., Abustang, P. B., & Rosarti, M. S. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar IPS Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9324–9332.
Fauzyah, S., Hamdani, N. A., Maskur, & Margana, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas V Di SD Negeri 1 Cimaragas. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 799–815.
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 104–113.
Hartati, I., Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika : Meta Analisis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 49–56.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 66–72.
Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., Widyastuti, T., & Tangerang, U. M. (2021). Penerapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV Di SDN Cengklong 3. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(2), 396–418.
Patmawati, D., Ws, R., & Halimah, M. (2018). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 308–316.
Pranata, K., Fikri, A. N., & Zulherman, Z. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Melalui Zoom Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6231–6240.
Setiawan, B., Sakdiyah, S. H., Rahayunita, C. I., & Malang, U. K. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Usaha dan Kegiatan Ekonomi Kelas V SDN Karanganom 02 Lumajang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 115–122.
Sjam, D. A., & Maryati, T. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV.
Sulfemi, W. B., & Yuliani, N. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73–84.
Suryana, A., Noviansyah, I., & Tamara, F. (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ilmi Citeureup Bogor. Journal of Basic Educational Studies, 2, 112–132.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Septa Devi Auliatul Alifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.