PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN STATISTIKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD

Sari Dewi Agustin, Edy Suprapto, Nurlina Wijayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran papan statistika terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang melibatkan satu kelas V yang berjumlah 15 peserta didik sebagai subyek penelitian. Penelitian meliputi dua siklus yang terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes (posttest) dan lembar observasi aktivitas siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan Pada pra siklus hasil persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik, dengan kriteria tuntas mencapai 33,3%. Sedangkan peserta didik yang belum tuntas mencapai 66,6%. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik yaitu 53,3%. Sedangkan peserta didik yang belum tuntas persentasenya 46,6%. Pada siklus II persentase sebesar 86,6% untuk kriteria peserta didik yang tuntas, persentase peserta didik yang belum tuntas yakni 13,3%. Berdasarkan pemaparan diatas, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa media pembelajaran papan statistika dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD.

Keywords


Media Pembelajaran Papan Statistika, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Amreta, M. Y., Luk, A., Markhamah, L., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Nahdlatul, U., & Sunan, U. (2023). Pengembangan Media Papan Hitung Pada Mata Pelajaran Matematika Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 199–209.

Danial, D., Nur Azmy, Jamaluddin, Syarifuddin, & Fitriani. (2022). Efektivitas Penerapan Media Alat Peraga Papan Statistika Terhadap Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 15–19. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.825.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Hanifah, Nurdinah. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas : Teori dan Aplikasinya. Bandung : UPI PRESS.

Juhaeni, Safaruddin, Nurhayati, R., & Tanzila, A. N. (2020). Konsep Dasar Media Pembelajaran. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 34–43. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993.

Kholil, M., & Safianti, O. (2019). Efektivitas Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Barisan dan Deret. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 89–98. https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.246.

Kholil Mohammad dan Zulfiani Silvi. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da'watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151-168.

Lestari, M. (2021). Penerapan Media Papan Berpaku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Bangun Datar Di Kelas II SD IT Kayyasah Kota Lama. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(1), 184–189. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.250.

Nurul’Azizah, A. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. Jartika, 2(1), 194–204.

Pakaya, F. A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 193–198. https://doi.org/10.37905/aksara.5.3.193-198.2019.

Rosyidah, A. S., Widyaningrum, I., & Indrayati, H. (2022). Efektivtas Model PBL Menggunakan Alat Peraga Pantik Pada Materi Statistika Kelas VIII. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 24–33. https://doi.org/10.29300/equation.v5i2.7632.

Samura, A. O. (2015). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 69–79.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Pendidikan Dasar, II(1), 43–48.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46.

Telaumbanua, Y. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. 14(4), 709–722.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24–32. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sari Dewi Agustin, Edy Suprapto, Nurlina Wijayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.