Analisis Prosedur dan Rancangan Pengelolaan Kelas dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Efektif

Rizqi Nur Yahya

Abstract


Pengelolaan kelas merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Dimana pada praktinya memerlukan prosedur dan rancangan pengelolaan kelas dalam mencegah factor-faktor yang menghambat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana prosedur dan rancangan pengelolaan yang efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode ini merupakan sebuah metode yang digunakan untuk analisis data dengan cara mendeskirpsikan data yang telah dikumpulkan bagaimana adanya, tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku umum. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan observasi secara langsung, wawancara dan dokumentasi sebagai bukti kuat adanya penelitian kualitatif ini. Observasi ini dilakukan di kelas VI SDN 02 Manisrejo. Dari pembahasan terkait pengelolaan kelas dapat disimpulkan sebagai seorang guru gaya mengajar pendidik, pola interkasi antara guru dan peserta didik akan meminimalkan gangguan yang muncul dan memfokuskan peserta didik dalam belajar. Variasi dalam pengeloaan kelas yang disesuaikan dengan pembelajaran dan perangkat ajar, dapat membuat keberhasilan pengelolaan kelas yang efektif dan dapat menghindari rasa jenuh peserta didik dalam belajar. Penanaman displin diri peserta didik dan penekanan pada hal yang positif akan memberikan dampak yang baik dan harus dimunculkan pada setiap pembelajaran. Dalam menciptakan pembelajaran yang efektif diperlukan pendekatan otoriter yang mengontrol tingkah laku peserta didik, pendekatan permisif memberi kebebasan mendidik dalam melakukan aktivitas yang diinginkan dan memodifikasi tingkah laku yaitu sebagai proses perubahan tingkah laku.


Keywords


Pengelolaan Kelas, Prosedur Pengelolaan Kelas, Lingkungan Belajar

Full Text:

PDF

References


Astuti, A. (2018). Manajemen Kelas yang Efektif. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2).

Aunur Rofiq, M. (2009). Pengelolaan Kelas. Departemen Pendidikan Nasional.

H. Darmadi. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. CV Budi Utama.

Kadir, St. F. (2014). Keterampilan Mengelola Kelas Dan Implementasinya Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Al-Ta’dib, 7(2).

Mahmudah. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1).

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. PT Remaja Rosdakarya.

Minsih. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 5(1).

Moeloeng, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosdakarya.

Rohani, A. (2010). Pengelolaan Pengajaran. PT Asdi Mahastya.

Salabi, A. (2016). Konsepsi Manajemen Kelas: Masalah Dan Pemecahannya. Jurnal Tarbiyah (Jurnal Ilmiah Kependidikan), 5(2).

Salu, Y., Tanggur, F. S., & Bulu, V. R. (2021). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Di Sd Negeri Oetona Kota Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(1).

Sudirman. (1991). Ilmu Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2006). Islamic English: A Competency-based Reading Comprehension. PT Remaja Rosdakarya.

Widiasworo, E. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. DIVA Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rizqi Nur Yahya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.