PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN REALISTIK SEBAGAI PANDUAN LITERASI MATEMATIK SISWA KELAS IV PADA MATERI BILANGAN CACAH BESAR
Abstract
Kurangnya variasig uru dalam menggunakan perangkat pembelajaran menyebabkan kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan kurang maksimal, serta berdampak pada rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan perangkat pembelajaranyang menarik yang mampu memotivasi peserta didik dalam belajar, salah satunya LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD menggunakan pendekatan mathematic realistic pada materi bilangan cacah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 1 orang ahli Bahasa, dan 26 orang siswa kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakanadalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada responden. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas E-LKPD adalah instrumenrating scale. Data hasil penilaian E-LKPD dianalisis menggunakan rumus persentase untuk mengetahui persentase E-LKPD yang dikembangkan. Hasil persentase yang diperoleh yaitu,dari ahli materi 78%, ahli media 75%, ahli Bahasa 78% yang diperoleh dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa E-LKPD interaktif menggunakan pendekatan matematik realistic pada materi bilangan cacah kelas IV sekolah dasar dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.Implikasi dari penelitian ini yaitu pesertadidik mampu belajar secara mandiri menggunakan E-LKPD
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, I., & Sopiany, H. M. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLOWCHARTBERBASIS DRILL PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN SISWA KELAS VIII MTs NEGERI BALANG-BALANG KAB.GOWA SKRIPSI. 経済志林, 87(1,2), 149–200. file:///C:/Users/HP/Downloads/ramlah.pdf
Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500.
Astuti, Y., Bennu, S., & Paloloang, B. (2018). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Viii Smpn Model Terpadu Madani Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(3), 356–370. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/383%0A
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Chania, D. M. P., Medriati, R., & Mayub, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Melalui Pendekatan Stem Berorientasi Hots Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 109–120. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.109-120
Faizah, dewi susanti sufy, & Adi. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9).
Fatimah, R. N., Kariadinata, R., Susilawai, W., Jihad, A., Fauziah, I. N., Solihatunnisa, L., Rosalia, N., Sa’adah, N., & Sugilar, H. (2019). Teknik Probing-Promting Scaffolding Pada Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 8(2), 146–159.
Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu
Hasanah, U., Wardono, & Kartono. (2016). Keefektifan Pembelajaran Murder Berpendekatan Pmri Dengan Asesmen Kinerja Pada Pencapaian Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Serupa Pisa. Unnes Jurnal of Mathematics Education, 5(2), 101–108. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme
Hera, R., & Sari, N. (2015). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015 713 Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? 713–720.
Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Ilmiah 2020. Indonesion Journal of Sport Science and Coaching, 0(1), 46–55. https://online-journal.unja.ac.id/IJSSC/article/view/9847
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Peranan Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 110. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.669
Iswatiningsih, D., Pangesti, F., Puspitasari, L., & Dluhayati, D. (2022). Pendampingan Penyusunan E-LKPD Berbasis Kompetensi di SMPN 25 Malang. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 363. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.9485
Kriyanto, B., Suparmi, & Sarwanto. (2019). Pengembangan modul fisika dengan pendekatan saintifik materi listrik statis untuk peserta didik kelas XII SMA / MA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 10–18.
Kuswidi, I. (2015). Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 195–202. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.49
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. In Syria Studies (Vol. 7, Nomor 1). https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Nurbayani, A., Rahmawati, E., Nurfaujiah, I. I., Putriyanti, N. D., Fajriati, N. F., Safira, Y., & Ruswan, A. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Liveworksheets sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-guru SD Negeri 1 Tegalmunjul Purwakarta. Jurnal UPI, 1(2), 126–133. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/
Pangestu, R. D., Mayub, A., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Video pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 48–55. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.48-55
RAHMAH, N. R. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kontekstual Dengan Menggunakan Liveworksheets Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar …. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5365/1/NURUL RAHMAH.pdf
Saiful Mu’anam. (2022). “ STORY BOARD ” ( MATERI KONFLIK DAN INTEGRASI MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS AL-HIDAYAH JEMBER SKRIPSI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN DESEMBER 2022 “ STORY BOARD ” ( MATERI KONFLIK DAN INTEGRASI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL ) UNTUK MENINGKATK.
Salim, H., & Dewi. (2018). 陈丽英 1 , 乐明浚 2 ( 1,2. XV(2), 3–11.
Siswa, M., Vii, K., Negeri, S. M. P., & Jambi, K. (2012). = 8,295 Dan T. 02(April), 11–19.
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Sugiyono, S., Sutarman, S., & Rochmadi, T. (2019). School Level Computer Based Test (CBT) System Development. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 2(1), 1.
Sumiana. (2020). Zonasi dan Merdeka Belajar : Kajian Kritis dari Prospektif Kebijakkan. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 150–157. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2712
Suryaningsih, S., Nurlita, R., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2021). PENTINGNYA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK ( E-LKPD ) INOVATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN ABAD 21 INFO ARTIKEL Diterima Diterima dalam bentuk review 09 Juli 2021 Diterima dalam bentuk ABSTRAK Kata kunci : Keywords : Pentingnya Lembar Kerja Peserta Di. 2(7), 1256–1268.
Syafruddin, I. S., Khaerunnisa, E., & Rafianti, I. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3214–3227. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1727
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145
Wahyuni, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10022
Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Risa Rosanti Rosanti, Bambang Eko Hari Cahyono, Cerianing Puti Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.