PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN REALISTIK SEBAGAI PANDUAN LITERASI MATEMATIK SISWA KELAS IV PADA MATERI BILANGAN CACAH BESAR

Risa Rosanti Rosanti, Bambang Eko Hari Cahyono, Cerianing Puti Pratiwi

Abstract


Kurangnya     variasig uru     dalam     menggunakan     perangkat     pembelajaran menyebabkan  kegiatan  belajar  mengajar  yang  dilaksanakan  kurang  maksimal, serta berdampak pada rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Sehingga    untuk    mengatasi    permasalahan    tersebut    dibutuhkan perangkat pembelajaranyang   menarik yang   mampu   memotivasi   peserta   didik   dalam belajar,  salah  satunya  LKPD.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengembangkan  E-LKPD  menggunakan pendekatan mathematic realistic pada materi bilangan cacah. Penelitian ini merupakan  penelitian  pengembangan  yang  dilakukan  dengan  menggunakan model  pengembangan  ADDIE. Subjek  penelitian  ini  terdiri  dari 1 orang  ahli materi, 1 orang ahli media, 1 orang ahli Bahasa, dan 26 orang siswa kelas IV. Metode pengumpulan     data     yang    digunakanadalah     metode     kuesioner dengan memberikan  lembar  penilaian  kepada  responden.  Instrumen yang  digunakan untuk  mengukur tingkat validitas  E-LKPD  adalah instrumenrating  scale.  Data hasil    penilaian    E-LKPD    dianalisis    menggunakan    rumus    persentase    untuk mengetahui   persentase   E-LKPD   yang   dikembangkan. Hasil persentase yang diperoleh yaitu,dari  ahli  materi  78%,  ahli  media  75%, ahli Bahasa 78% yang  diperoleh dengan kriteria baik.  Berdasarkan  hasil  tersebut, dapat  diketahui  bahwa E-LKPD  interaktif  menggunakan pendekatan matematik realistic pada materi bilangan cacah kelas IV sekolah   dasar   dinyatakan   layak   untuk   digunakan   dalam   proses pembelajaran.Implikasi  dari  penelitian  ini  yaitu  pesertadidik  mampu belajar secara  mandiri  menggunakan  E-LKPD


Keywords


E-LKPD, Pendekatan Realistik,Literasi Matematik

Full Text:

PDF

References


Afifah, I., & Sopiany, H. M. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLOWCHARTBERBASIS DRILL PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN SISWA KELAS VIII MTs NEGERI BALANG-BALANG KAB.GOWA SKRIPSI. 経済志林, 87(1,2), 149–200. file:///C:/Users/HP/Downloads/ramlah.pdf

Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500.

Astuti, Y., Bennu, S., & Paloloang, B. (2018). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Viii Smpn Model Terpadu Madani Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(3), 356–370. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/383%0A

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Chania, D. M. P., Medriati, R., & Mayub, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Melalui Pendekatan Stem Berorientasi Hots Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 109–120. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.109-120

Faizah, dewi susanti sufy, & Adi. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9).

Fatimah, R. N., Kariadinata, R., Susilawai, W., Jihad, A., Fauziah, I. N., Solihatunnisa, L., Rosalia, N., Sa’adah, N., & Sugilar, H. (2019). Teknik Probing-Promting Scaffolding Pada Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 8(2), 146–159.

Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Hasanah, U., Wardono, & Kartono. (2016). Keefektifan Pembelajaran Murder Berpendekatan Pmri Dengan Asesmen Kinerja Pada Pencapaian Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Serupa Pisa. Unnes Jurnal of Mathematics Education, 5(2), 101–108. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme

Hera, R., & Sari, N. (2015). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015 713 Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? 713–720.

Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Ilmiah 2020. Indonesion Journal of Sport Science and Coaching, 0(1), 46–55. https://online-journal.unja.ac.id/IJSSC/article/view/9847

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Peranan Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 110. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.669

Iswatiningsih, D., Pangesti, F., Puspitasari, L., & Dluhayati, D. (2022). Pendampingan Penyusunan E-LKPD Berbasis Kompetensi di SMPN 25 Malang. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 363. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.9485

Kriyanto, B., Suparmi, & Sarwanto. (2019). Pengembangan modul fisika dengan pendekatan saintifik materi listrik statis untuk peserta didik kelas XII SMA / MA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 10–18.

Kuswidi, I. (2015). Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 195–202. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.49

Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. In Syria Studies (Vol. 7, Nomor 1). https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

Nurbayani, A., Rahmawati, E., Nurfaujiah, I. I., Putriyanti, N. D., Fajriati, N. F., Safira, Y., & Ruswan, A. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Liveworksheets sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-guru SD Negeri 1 Tegalmunjul Purwakarta. Jurnal UPI, 1(2), 126–133. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/

Pangestu, R. D., Mayub, A., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Video pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 48–55. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.48-55

RAHMAH, N. R. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kontekstual Dengan Menggunakan Liveworksheets Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar …. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5365/1/NURUL RAHMAH.pdf

Saiful Mu’anam. (2022). “ STORY BOARD ” ( MATERI KONFLIK DAN INTEGRASI MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS AL-HIDAYAH JEMBER SKRIPSI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN DESEMBER 2022 “ STORY BOARD ” ( MATERI KONFLIK DAN INTEGRASI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL ) UNTUK MENINGKATK.

Salim, H., & Dewi. (2018). 陈丽英 1 , 乐明浚 2 ( 1,2. XV(2), 3–11.

Siswa, M., Vii, K., Negeri, S. M. P., & Jambi, K. (2012). = 8,295 Dan T. 02(April), 11–19.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Sugiyono, S., Sutarman, S., & Rochmadi, T. (2019). School Level Computer Based Test (CBT) System Development. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 2(1), 1.

Sumiana. (2020). Zonasi dan Merdeka Belajar : Kajian Kritis dari Prospektif Kebijakkan. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 150–157. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2712

Suryaningsih, S., Nurlita, R., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2021). PENTINGNYA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK ( E-LKPD ) INOVATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN ABAD 21 INFO ARTIKEL Diterima Diterima dalam bentuk review 09 Juli 2021 Diterima dalam bentuk ABSTRAK Kata kunci : Keywords : Pentingnya Lembar Kerja Peserta Di. 2(7), 1256–1268.

Syafruddin, I. S., Khaerunnisa, E., & Rafianti, I. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3214–3227. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1727

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145

Wahyuni, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10022

Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176

Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Risa Rosanti Rosanti, Bambang Eko Hari Cahyono, Cerianing Puti Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.