Analisis Strategi Penguatan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Menengah Pertama sebagai Sarana Pendukung Merdeka Belajar
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa di Indonesia yang tertuang dalam hasil PISA tahun 2018 khususnya pada siswa Sekolah Menengan Pertama (SMP). Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui analisis strategi penguatan literasi dan numerasi sebagai sarana pendukung merdeka belajar sebagai wujud dukungan terhadap pemerintah dalam mensukseskan kurikulum merdeka dalam kebijakan merdeka belajar di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi pustaka. Analisis dilakukan dengan mengkaji dan memperoleh data dari beberapa sumber rujukan yaitu artikel, jurnal, buku, berita dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan, buku-buku penunjang yang sesuai tujuan penelitian, dan kebijakan pemerintah terkait dengan merdeka belajar serta penguatan literasi dan numerasi di SMP. Hasil penelitian ini merupakan strategi dalam rangka peningkatan literasi dan numerasi sebagai bentuk kerjasama antar berbagai pihak sehingga dalam pelaksanaannya melibatkan berbagai pihak yang saling mendukung antara lain siswa, guru, sekolah, kepala sekolah, pemerintah, dan orangtua. Pemerintah untuk mewujudkan merdeka belajar menerapkan program-program yang bermakna yaitu gerakan literasi numerasi sekolah, pembentukan Team Literasi Sekolah (TLS), Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), menggerakkan komunitas praktisi, melibatkan pihak ketiga serta untuk menjalankan program-program yang dilakukan oleh sekolah dengan melibatkan siswa secara langsung sebagai penguat literasi dan numerasi mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Jurnal Analisis Isi, 5(9), 1–20. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12201.08804
Feriyanto, F. (2022). Strategi Penguatan Literasi Numerasi Matematika Bagi Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Gammath, (September), 86–94.
Hasanah, U., & Silitonga, M. (2021). Gerakan Literasi Sekolah (GLS). In WWW.Quipperblog.com. Retrieved from https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/gerakan-literasi-sekolah/
Kasiman, Puspowati, A., Jabar, U., Pratama, P., Lestari, P. R. D., & Silasakti, W. (2020). Belajar di Komunitas Praktisi. 71.
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.
Kemendikbud. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah.
Mohune, M. N., Husain, R., & Arifin, I. N. (2022). Urgensi Komunitas Praktisi Dan Implikasinya Terhadap Permasalahan Pendidikan. … Nasional Pendidikan …, (November), 136–143. Retrieved from http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1060%0Ahttps://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/download/1060/753
Muliantara, I. K., & Suarni, N. K. (2022). Strategi Menguatkan Literasi dan Numerasi untuk Mendukung Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4847–4855. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2847
Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2020). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogia, 13(2), 115–128. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/paedagogia/article/view/36000/23206
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.
Oktavian, C. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Kepedulian Peserta Didik Terhadap Lingkungan. Jurnal Geografi Gea, 15(2), 15–30. https://doi.org/10.17509/gea.v15i2.3544
Pratiwi, C. P., & Ediyono, S. (2019). Analisis Keterampilan Guru Sekolah Dasar Dalam Menerapkan Variasi Pembelajaran. Js (Jurnal Sekolah), 4(1), 1. https://doi.org/10.24114/js.v4i1.16065
Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589
Rizki Fauzi Tedja. (2017). Efektivitas Teknik Bimbingan Literasi dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling Dan Psikoterapi Islam, 5(3), 311–328. Retrieved from http://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/article/view/897
Setyawan, D., & Gusdian, R. I. (2020). Penguatan Habitus Literasi: Sebuah Cara Pendampingan Tim Literasi Sekolah (TLS). E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 299–306. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.4263
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., Sri Cacik, Kresnaningsih, W., Fitriani, S., Purwanto, A. J., … Indra kurniawan, A. R. (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(1), 90. Retrieved from http://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/avoer/article/download/246/195/%0Ahttps://www.kemdikbud.go.id/main/
Zahrudin, mun, Ismail, S., & Yuliati Zakiah, Q. (2021). Policy Analysis Of Implementation Of Minimum Competency Assessment As An Effort to Improve Reading Literacy of Students in Schools. Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1), 83–91. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ririn Widiyasari, Viarti Eminita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.