Upaya Peningkatan Etika Sopan Santun Berbicara Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Balong dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama.

Rina Nur Dianti, Silvia Yula Wardani, Abdul Khohar

Abstract


Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroam Action Rcsearch), Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang dilaksanakan oleh guru untuk memcahkan serta memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran, yang berupa tindakan yang sengajar dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas sccara bersama.  Selain bertujuan untuk memecahkan masalah,penelitian ini sekaligus mencari jawaban ilmiah mengapa hal tersebut dapat dipecahkan dengan tindakan yang dilakukan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP Negeri 2 Balong Semester 2 Tahun Ajaran 2022/2023 Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G adapun siswa yang mempunyai sopan santun berbicara sangat rendah yakni sebanyak 4 siswa. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa, melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan sopan santun berbicara dengan teman sebaya. Peningkatan tersebut dilihat dari peningkatan indikator pada tiap siklusnya, pada siklus II siswa sudah mengalami peningkatan lebih baik. Hal ini menunjukkan sopan santun berbicara dengan teman sebaya suda baik.


Keywords


sopan santun berbicara, bimbingan kelompok

Full Text:

PDF

References


Habsy, Bakhrudin All. 2017. “Filosofi Keilmuan Bimbingan Dan Konseling”. Jurnal Pendidikan 2 (`1)

Indriasari, Emi. 2016. “Meningkatkan Rasa Empati Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA 2 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015” Jurnal Gusjigang 2 (`2)

Kurniawan, Drajat Edy, dan Taufik Agung Pranowo. 2018. “Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying Di Sekolah.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan 02(`1):50–60.

Risthantri, Putri, dan Sudrajat, Ajat. 2015. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Ketaatan Beribadah dengan Perilaku Sopan Santun Peserta Didik”. Harmoni Sosial 2 (`2)

Suryani, Lilliek. 2017. “Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok”. Jurnal Mitra Pendidikan 1 (`1)

Suharti. 2014. “Pendidikan Sopan Santun dan Kaitannya dengan Perilaku Berbahasa Jawa Mahasiswa”. Jurnal DIKSI 11 (`1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rina Nur Dianti, Silvia Yula Wardani, Abdul Khohar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.