Memahami Hambatan Penglihatan dan Penerapan Model Pembelajarannya

Rafika Andan Sari, Aqualira Nirbita Safa Maulida, Diki Hari Pradana, Vika Laraswati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) hakekat anak yang mengalami hambatan penglihatan (tunanetra); (2) cara mengajar anak yang memiliki hambatan penglihatan (tunanetra); dan (3) peran orang tua yang memiliki anak mengalami hambatan penglihatan (tunanetra). Penelitian ini berpendekatan kualitatif yang dilakukan di SLB Negeri Sambiroto. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi, selanjutnya dianalisis berdasarkan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterbatasan penglihatan memiliki dampak yang cukup tinggi bagi anak-anak. Adanya keterbatasan tersebut dapat menghambat aktivitas yang dilakukan anak –anak. Namun, mereka masih memiliki potensi yang dapat dikembangkan melalui pendidikan. Model pembelajaran yang dilakukan menggunakan prinsip-prinsip pengajaran meliputi prinsip totalitas, prinsip keperagaan, prinsip berkesinambungan, prinsip aktivitas, dan prinsip individual. Peran orang tua sangat penting dalam menghadapi anak tuna netra ini. 


Keywords


Anak mengalami hambatan penglihatan; Tunanetra; Model pembelajaran; Peran orangtua

Full Text:

PDF

References


DIKDAS, T. G. (2021). Modul Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK.

Gunaratne, L.A. 2002. Visual impairment: Its effect on cognitive development and behaviour: Intellectual Disability and Health. University of HertfordshireImplikasi praktis dan teoritis orangtua dan guru terhadap anak dengan hambatan penglihatan. (2017/2018).

Irdamurni. Memahami Anak berkebutuhan Khusus. Jawa barat:Goresan Pena.

Mu'awwanah,U. (2021) Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan. Khusus Banten:Media Madan

Rizka MN, dkk. 2015. “Buku Braile sebagai jembatan keterbatasan akses informasi peserta didik tunanetra sekolah luar biasa bagian A Dria Adi Semarang”. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Vol. 4, Hal. 3.

Sinaga, dkk. 2016. Jurnal Studi Sosial Vol 4 No 1. Pendidikan Karakter Bangsa Pada Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan Inklusi. FKIP Universitas Lampung.

Somantri, S., 2006. Psikologi anak luar biasa. Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rafika Andan Sari, Aqualira Nirbita Safa Maulida, Diki Hari Pradana, Vika Laraswati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.