Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita materi barisan dan deret aritmetika berdasarkan teori newman ditinjau dari gender
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa ketika
mereka menyelesaikan soal cerita barisan dan deret aritmetika berdasarkan teori Newman ditinjau dari
gender. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di
SMPN 1 Nglames pada siswa kelas VIII B, yang berada di semester genap tahun akademik
2022/2023, terdiri dari dua siswa, satu laki-laki dan satu perempuan. Hasilnya adalah siswa laki-laki
melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan
jawaban akhir. Sedangkan siswa perempuan melakukan kesalahan pada tahap transformasi, keterampilan
proses, dan penulisan jawaban akhir. Siswa laki-laki melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal
karena mereka tidak memahami maksud soal, belum memahami konsep barisan dan deret aritmetika
sepenuhnya, dan kurang teliti dalam proses perhitungan. Namun, penyebab kesalahan siswa perempuan
adalah kurangnya ketelitian, yang menyebabkan kesalahan dalam menulis rumus dan menghitung
jawaban. Namun, masing-masing subjek memiliki kesamaan penyebab kesalahan yaitu dikarenakan
belum terbiasa menyelesaikan soal cerita sehingga siswa merasa kesulitan dalam menentukan langkah
awal pengerjaan soal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik,
Sumber dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial . HISTORIS : Jurnal Kajian,
Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 147.
Amin, K. K. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Newman Error
Aanlysis Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 20532064.
Amran, Suhendra, Wulansari, R., & Farahatni, F. (2021). Hambatan Siswa dalam Pembelajaran
Daring pada Mata Pelajaran Matematika pada Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah
Dasar. JURNAL BASICEDU, 5179 - 5187.
Hadi, S., Winarni, Damayanti, Kurniyawati, Sari, E., & Defi, L. K. (2022). PENGARUH
PERSEPSI MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR
MATEMATIKA SISWA SMK.
Hardiyanti, A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Kelas IX SMP dalam Menyelesaikan Soal pada
Materi Barisan dan Deret. PROSIDING, (KNPM I), 78-88.
Hewi, L., & Saleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student
Assesment) Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Dini). Jurnal Golden
Age, Universitas Hamzanwadi , 30-41.
Jun, V. H. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Teorema
Phytagoras Berdasarkan Teori Newman. Factor M: Focus Action Of Research
Mathematic, 139-152.
Kalengkongan, L. N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita
Pokok Bahasan Program Linear Berdasarkan Prosedur Newman. MARISEKOLA :
Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 31-38.
Khairani, B. P., Maimunah, & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA PadaMateri Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia:
Jurnal Pendidikan Matematika, 1578-1587.
Mamonto, C. I. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal SPLDV
Berdasarkan Teori Newman di Kelas VII. Adiba:Journal of Education, 571-580.
Nufus, H. R. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman dalam
Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Kelas VII MTs. Jurnal Cendekian : Jurnal
Pendidikan Matematika , 1810-1817.
Nurfauziah, P. &. (2019). Gender Dan Resiliensi Matematis Siswa Smp Dalam Pembelajaran
Scientific Berbantuan Vba Excel. Pasundan Journal of Research in Mathematics
Learning and Education, 28-37.
Riwayati, S. &. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita
Perbandingan Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal MATH-UMB.EDU, 60-68.
Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2017). Analysis Problem Solving in Mathematical Using Theory
Newman. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 672.
Rosmiati, F. &. (2021). Penggunaan Tahapan Newman untuk Menganalisis Kesalahan Siswa
dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmatika Sosial. JPMI : Jurnal Pembelajaran
Matematika Inovatif , 1365-1374.
Sidiq, U. C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV
Nata Karya.
Siswandi, E. S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
Kontekstual pada Materi Segiempat Berdasarkan Analisis Newman Ditinjau dari
Perbedaan Gender . Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika , 633-643.
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung di
Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi dan sains,
-437.
Zebua, V., Rahmi, & Yusri, R. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM
MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. LEMMA: Letters of
Mathematics Education, 122-133.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Pupung Puspita Ningrum, Sardulo Gembong, Edy Suprapto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.