Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita materi barisan dan deret aritmetika berdasarkan teori newman ditinjau dari gender

Pupung Puspita Ningrum, Sardulo Gembong, Edy Suprapto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa ketika
mereka menyelesaikan soal cerita barisan dan deret aritmetika berdasarkan teori Newman ditinjau dari
gender. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di
SMPN 1 Nglames pada siswa kelas VIII B, yang berada di semester genap tahun akademik
2022/2023, terdiri dari dua siswa, satu laki-laki dan satu perempuan. Hasilnya adalah siswa laki-laki
melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan
jawaban akhir. Sedangkan siswa perempuan melakukan kesalahan pada tahap transformasi, keterampilan
proses, dan penulisan jawaban akhir. Siswa laki-laki melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal
karena mereka tidak memahami maksud soal, belum memahami konsep barisan dan deret aritmetika
sepenuhnya, dan kurang teliti dalam proses perhitungan. Namun, penyebab kesalahan siswa perempuan
adalah kurangnya ketelitian, yang menyebabkan kesalahan dalam menulis rumus dan menghitung
jawaban. Namun, masing-masing subjek memiliki kesamaan penyebab kesalahan yaitu dikarenakan
belum terbiasa menyelesaikan soal cerita sehingga siswa merasa kesulitan dalam menentukan langkah
awal pengerjaan soal.


Keywords


Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Barisan dan Deret Aritmetika, Teori Newman

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik,

Sumber dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial . HISTORIS : Jurnal Kajian,

Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 147.

Amin, K. K. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Newman Error

Aanlysis Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 20532064.

Amran, Suhendra, Wulansari, R., & Farahatni, F. (2021). Hambatan Siswa dalam Pembelajaran

Daring pada Mata Pelajaran Matematika pada Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah

Dasar. JURNAL BASICEDU, 5179 - 5187.

Hadi, S., Winarni, Damayanti, Kurniyawati, Sari, E., & Defi, L. K. (2022). PENGARUH

PERSEPSI MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR

MATEMATIKA SISWA SMK.

Hardiyanti, A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Kelas IX SMP dalam Menyelesaikan Soal pada

Materi Barisan dan Deret. PROSIDING, (KNPM I), 78-88.

Hewi, L., & Saleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student

Assesment) Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Dini). Jurnal Golden

Age, Universitas Hamzanwadi , 30-41.

Jun, V. H. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Teorema

Phytagoras Berdasarkan Teori Newman. Factor M: Focus Action Of Research

Mathematic, 139-152.

Kalengkongan, L. N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita

Pokok Bahasan Program Linear Berdasarkan Prosedur Newman. MARISEKOLA :

Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 31-38.

Khairani, B. P., Maimunah, & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep

Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA PadaMateri Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia:

Jurnal Pendidikan Matematika, 1578-1587.

Mamonto, C. I. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal SPLDV

Berdasarkan Teori Newman di Kelas VII. Adiba:Journal of Education, 571-580.

Nufus, H. R. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman dalam

Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Kelas VII MTs. Jurnal Cendekian : Jurnal

Pendidikan Matematika , 1810-1817.

Nurfauziah, P. &. (2019). Gender Dan Resiliensi Matematis Siswa Smp Dalam Pembelajaran

Scientific Berbantuan Vba Excel. Pasundan Journal of Research in Mathematics

Learning and Education, 28-37.

Riwayati, S. &. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita

Perbandingan Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal MATH-UMB.EDU, 60-68.

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2017). Analysis Problem Solving in Mathematical Using Theory

Newman. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 672.

Rosmiati, F. &. (2021). Penggunaan Tahapan Newman untuk Menganalisis Kesalahan Siswa

dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmatika Sosial. JPMI : Jurnal Pembelajaran

Matematika Inovatif , 1365-1374.

Sidiq, U. C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV

Nata Karya.

Siswandi, E. S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Kontekstual pada Materi Segiempat Berdasarkan Analisis Newman Ditinjau dari

Perbedaan Gender . Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika , 633-643.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung di

Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi dan sains,

-437.

Zebua, V., Rahmi, & Yusri, R. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM

MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI

KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. LEMMA: Letters of

Mathematics Education, 122-133.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Pupung Puspita Ningrum, Sardulo Gembong, Edy Suprapto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.