Perspektif Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Perangkat Ajar Pada Kurikulum Merdeka
Nurdinah Hanifah, Isrok’atun Isrok’atun, Dadan Djuanda
Abstract
: Kurikulum merupakan desain pembelajaran, bahan ajar, berbagai kegiatan pembelajaran yang yang terprogram terlebih dahulu, sebagai the heart of education, yang menggambarkan lesson plan yang sangat strategis dalam menyesuaikan dan membentuk kompetensi serta sikap individu tentang mengenai hakekat dirinya. Paradigma pengembangan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka mengacu pada konsep Pendidikan Merdeka Belajar. Kurikulum merdeka mengarahkan seorang guru memaksimalkan perannya sebagai penggerak dan fasilitator. Beberapa fakta ditemukan yang memunculkan sisi paradoks ketika seorang guru ingin membantu siswa dalam mengembangkan kompetensi di kelas, akan tetapi disisi lain juga memiliki kewajiban untuk menyelesaikan berbagai jenis administrasi. Guru menyadari bahwa potensi siswa tidak dapat diukur dengan nilai ujian saja, tetapi harus berpedoman pada angka-angka yang disediakan oleh berbagai pemangku kepentingan. Guru memahami bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda, tetapi ternyata multiaspek yang menyebabkan akhirnya guru terpaksa menyamakan pola pembelajaran sehingga mematikan sisi inovasi seorang guru. Melalui metode penelitian deskriptif, artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana perspektif pengembangan perangkat pembelajaran dalam kurikulum merdeka belajar
Keywords
Pendidik, Perangkat Ajar, Kurikulum Merdeka
References
Sudjana, Nana dan Ibrahim. (2004). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru
Algesindo.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suhanadji.( 2004). Modernisasi Dan Globalisasi ; Studi Pembangunan Dalam Perspektif Global.
Bandung: Insan Cendikia.
Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprayogo, Imam dan Tobroni. (2001). Metodologi Penelitian Sosial Agama. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar
Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of
Education, 8 (1): 185-201.
Winardi, (1999). Pengantar Manajemen Pemasaran, Bandung: Citra Aditya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nurdinah Hanifah, Isrok’atun Isrok’atun, Dadan Djuanda
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.