Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) dengan Strategi Diferensiasi Melalui Metode Lesson Study pada Topik Bumi dan Tata Surya

Nassa Amrilizia, Nurul Kusuma Dewi, Susi Ratnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model Project Based Learning (PjBL) dengan strategi diferensiasi. Strategi diferensiasi yang digunakan meliputi diferensiasi proses, konten dan produk sesuai dengan pengelompokan gaya belajar (visual, audiotori dan kinestetik). Penulisan artikel ini merupakan hasil Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTK Kolaboratif) antara mahasiswa, dosen dan praktisi lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran di SMPN 11 Madiun menggunakan tahapan lesson study yaitu plan, do see. Hasil belajar siswa dalam siklus I menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 45,8% dengan rata-rata 66,67 sehingga belum mencapai ketuntasan belajar yang optimal. Pada siklus II penelitian dilanjutkan berdasarkan perbaikan sesuai kritik dan saran sehingga ketuntasan klasikal yang diperoleh setelah pembelajaran meningkat menjadi 87.5% dengan rata-rata 84,16. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi model PjBL dengan strategi diferensiasi pada topik Bumi dan Tata Surya mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords


Project Based Learning, Diferensiasi, Lesson study, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Anis Wahdati Sholekah. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi

Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal

Pendidikan Mipa, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260

Hati, S. M. (2021). Efektivitas penggunaan aplikasi quizizz dalam melakukan asesmen

diagnostik non kognitif siswa kelas 12 IPS lintas minat di SMA YPHB Kota Bogor. Arus

Jurnal Pendidikan, 1(3).

Intiana, S. R. H., Prihartini, A. A., & ... (2023). Independent Curriculum and the Indonesian

Language Education throughout the Era of Society 5.0: A Literature Review. AL-ISHLAH:

Jurnal …, 15, 911–921. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.3140

Jatmiko, H. T. P., & Putra, R. S. (2022). REFLEKSI DIRI GURU BAHASA INDONESIA

DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH PENGGERAK.

Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2).

https://doi.org/10.30651/lf.v6i2.14701

Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan

Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 8 Barabai.

JULAK: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik, 1(1).

Lee, Y. W., & Sawaki, Y. (2009). Cognitive diagnosis approaches to language assessment: An

overview. In Language Assessment Quarterly (Vol. 6, Issue 3).

https://doi.org/10.1080/15434300902985108

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan,

Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang

Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran

Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP.

JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3).

https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.69

Ramadhani, F. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED

LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA

MATERI BIOTEKNOLOGI DAN PRODUKSI PANGAN DALAM PEMBELAJARAN

DARING. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i4.21449

Rizki, R. A., & Fahkrunisa, L. (2022). Evaluation of Implementation of Independent

Curriculum. Journal of Curriculum and Pedagogic Studies (JCPS), 1(4), 32–41. https://ejournal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jcps

Sairo, M. I. (2021). Pelaksanaan Lesson Study Menggunakan Metode Pembelajaran Mind

Mapping di Kelas X MIPA 3. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 26–32.

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32188

Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap

SENASSDRA 116

Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4).

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3457

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di

SDN Cikokol 2. AS-SABIQUN, 2(1). https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Setiawati, G. A. D. (2019). Lesson Study dalam Mata Kuliah Genetika Melalui Model Problem

Based Learning pada Program Studi Pendidikan Biologi UNMAS Denpasar. Indonesian

Journal of Educational Science (IJES), 1(2). https://doi.org/10.31605/ijes.v1i2.257

Slameto. (2012). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta.

Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Sulandari. (2020). Analisis Terhadap Metoda Pembelajaran Klasikal dan Metoda Pembelajaran

E-Learning di Lingkungan Badiklat Kemhan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2).

https://doi.org/10.36418/japendi.v1i2.16

Sulhan, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil

Belajar IPA Materi Organ Peredaran Darah dan Fungsinya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar,

(1), 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23735

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan

Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021.

Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94.

https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.

Sesiomedika.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan pembelajaran teori dan praktik. Ar-Ruzz Media, 6(1).

Tomlinson, C. A. (2001). How TO Differentiate instruction in mixed-ability classrooms. In

Association for Supervision and Curriculum Development.

Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan model pembelajaran project based

learning berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal

Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nassa Amrilizia, Nurul Kusuma Dewi, Susi Ratnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.