Implementasi Model Quantum Learning dengan Media Video untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Geguritan Bahasa Jawa pada siswa sekolah dasar

Nabila Lutfiani, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Abstract


Kurangnya kemampuan siswa dalam membaca geguritan ,mendandakan bahwa kurang terciptanya pembelajaran Bahasa Jawa yang efektif.Hal tersebut disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik dan monoton.Untuk mengatasi hal tersebut,maka dalam pembelajaran perlu diterapkan model pembelajaran yang inovatif seperti model Quantum Learning dan disuguhi dengan video yang menarik.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 4 dengan jumlah 28 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes,lembar aktivitas siswa,lembar kegiatan pembelajaran dan dokumentasi.

Keywords


Model Quantum Learning , Media video , Kemampuan membaca , Geguritan

Full Text:

PDF

References


Fitriani, L., & Nurjamaludin, M. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and

Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi.

Bale Aksara, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.31980/ba.v1i1.737

Kusumawati, F. (n.d.). SISWA KELAS III SD NEGERI MENDUNGAN 1 KOTA YOGYAKARTA.

–37.

Rahmayantis, M. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Indah Puisi Untuk Siswa

SMP Kelas VII. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1),

–56. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/index

Trisnoningsih, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan

Metode Quantum Learning Berbantuan Gambar Berseri. Jurnal Educatio FKIP UNMA,

(3), 863–871. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1271

Riati, T., & Nur, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII. Mathematic Education

Journal, Vol.1, 15-21.

Astutik, S. (2020). Penggunaan Media Video Pembelajaran dan Powerpoint Dalam Mata

Pelajaran TIK Kelas VII. Science, Engineering, Education & Development Studies

(SEEDS) : Conference Series, Vol : 4, 80-86.

doi:https://doi.org/10/20961/seeds.v4i2.56735

Riati, T., & Nur, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII. Mathematic Education

Journal, Vol.1, 15-21.

Rahayu, W., Winoto, Y., & Rohman, A. S. (2016). Kebiasaan Membaca Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Ilmu Perpustakaan,Informasi,Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, Vol.4 No.2., 152-162.

Shabrina, F. R., & Nugroho, Y. E. (2016). PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION

UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA INDAH GEGURITAN SISWA KELAS VII

SMP NEGERI SEMARANG. LINGUA, Volume.XII No.1(18299342), 35-43. Retrieved

from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua

Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2016). ktifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum

Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Jurnal

Pendidikan Matematika, Vol.7,No.2 , 2016(2086-5872), 275-282


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nabila Lutfiani, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.