Analisis perbandingan isi materi teks laporan observasi kelas x kurikulum merdeka dan kurikulum 2013

Mutiara Halimatu’s Sadiyah, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Pergantian kurikulum bukan hal baru di dunia Pendidikan Indonesia. Peningkatan teknologi menjadi satu dari sekian banyak faktor yang memengaruhi pergantian kurikulum. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengesahkan kurikulum merdeka pada tahun 2022. Adanya perubahan ini otomatis mendongkrak semua lintas pelajaran, termasuk mata pelajaran Bahasa Indonesia di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sejenisnya. Terciptanya capaian pembelajaran, profil pelajar pancasila, dan alur tujuan pembelajaran secara tidak langsung mempengaruhi tatanan isi materi seperti yang ditemukan dalam materi teks laporan hasil observasi untuk siswa kelas X SMA versi kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan isi materi teks laporan observasi di buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 dengan versi kurikulum merdeka, dan apakah perubahan ini menciptakan gagasan positif untuk pengetahuan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dan studi Pustaka terhadap buku Bahasa Indonesia versi kurikulum merdeka dan kurikulum 2013. Penelitian ini akan menghasilkan perbandingan isi pada materi teks laporan observasi kelas X yang bermanfaat sebagai penunjang pembelajaran guru maupun mahasiswa dalam menganalisis buku teks Bahasa Indonesia terkhusus materi teks laporan observasi pada tingkat kelas X SMA.

Keywords


Teks laporan observasi, Kurikulum merdeka, Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Dewi Kartikasari, Ratna, Wika Soviana Devi, & Indah Nur Amalia. (2021). “Ragam Bahasa

Mahasiswa UMJ Dalam Pembelajaran Daring.” Pena Literasi 4(2):117–27.

Fujiawati, Fuja Siti. (2016). “Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta

Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni.” Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni 1(1):16–

Haryono, Cosmas Gatot. (2020). "Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi." Jawa

Barat: CV Jejak.

Khaerunnisa, Khaerunnisa. (2018). “Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media

Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi (Penelitian Tindakan Pada

Siswa Kelas XI Di SMA Dharma Karya UT Kota Tangerang Selatan).” Lingua

Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 2(2):71. doi: 10.30651/lf.v2i2.2052.

Kusmarmi. (2015). “Peningkatan Kualitas Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X Mipa

Sma Negeri 1 Pakem Dengan Metode “Think-Pair-Share “.” Ilmiah Guru 02(02):16–22.

Kusuma, Ali Masda, & Purwo, Mahardi. (2021). “Analisis Deskriptif Terhadap Pengembangan

Media Pembelajaran E – Modul Interaktif Berbasis Software Aplikasi Lectora Inspire.”

Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB). 07(02):1–11.

Oktaviani, Dasa, Br Ginting, Septian, Refvinda Argiandini, & Sarwiji, Suwandi. (2023).

“Analisis Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Belajar." KODE:

Jurnal Bahasa. 12:107–20.

Rahmadhani, Putri, Dina Widya, & Merika Setiawati. (2022). “Dampak Transisi Kurikulum

Ke Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa.” JUPEIS: Jurnal

Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1(4):41–49.

Rukajat, Ajat. (2018). "Pendekatan Penelitian Kualitatif." Yogyakarta: Deepublish.

Sapitri, Lenny. (2022). “Studi Literatur Terhadap Kurikulum Yang Berlaku Di Indonesia Saat

Pandemi COVID-19.” Inovasi Kurikulum 19(2):232–33, 235


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mutiara Halimatu’s Sadiyah, Khaerunnisa Khaerunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.