PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 01 BEDRUG PONOROGO

Muhammad Seto Adjie Nugroho, Yuhana Nur Aini, Fauzatul Marufah Rohmanurmeta

Abstract


Penelitian ini dilakukan guna untuk melihat kondisi pembelajaran yang diterapkan pada siswa Sekolah Dasar kelas IV saat ini dengan menggunakan Kurikulum Merdeka, sehingga proses pembelajaran mengalami perubahan. Dengan diterapkanya kurikulum merdeka saat ini membuat proses pembelajaran berpengaruh pada hasil belajar dan minat belajar peserta didik. Melihat kondisi peserta didik yang masih kebingungan akan proses pembelajaran, dan berpengaruh pada hasil belajar serta minat belajar peserta didik yang kurang. Maka penulis membuat sebuah Penelitian Tindakan Kelas dengan memberikan pembelajaran dengan metode Role Playing dengan tujuan memberikan gaya belajar yang baru pada peserta didik dan meningkatkan hasil belajar sesuai dengan capaian pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan motode pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan tes, dan teknik analisis data yang digunakan oleh penulis yaitu dengan teknik deskriptif kuantitatif. Dengan berjalanya penelitian ini selama dua siklus dengan metode pembelajaran yang sama dengan subyek siswa kelas IV yang berjumlah 9 siswa diperoleh hasil kesimpulan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan metode Role Playing kepada siswa kelas IV dengan kurikulum merdeka mengalami peningkatan pada minat belajar dan hasil belajar pada peserta didik sebanyak 40%, yang dapat diketahui lewat pretest maupun postest serta wawancara pada saat akhir pembelajaran berlangsung. Dengan dilaksanakanya penelitian ini membuat guru kelas juga merasa terbantu akan proses pembelajaran yang dilakukan.

Keywords


Kurikulum Merdeka, Hasil belajar,Minat belajar Role Playing

Full Text:

PDF

References


Saputra, D. R. (2015). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS

Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kecemen, Manisrenggo, Klaten. BASIC

EDUCATION, 4(10).

Bahtiar, R. S., & Fahmi, I. N. (2019). Role Playing dalam Peningkatkan Minat Belajar Siswa

Sekolah Dasar.

Rahmi, I., Nurmalina, N., & Fauziddin, M. (2020). Penerapan Model Role Playing Untuk

Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher

Education, 2(1), 197-206.

Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing

Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan

PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253-261

Saputri, R., & Yamin, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil

Belajar Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7275-7280.

. Maulidiyah, Y., Mubarok, K., & Rahmawati, E. (2022). Pengaruh Metode Role Playing

Terhadap Hasil Belajar Subtema Pekerjaan di Sekitarku Siswa Kelas IV SD. Jurnal

Ilmiah Mandala Education, 8(1).

Anggraini, T., Sukasno, S., & Kusnanto, R. A. B. (2022). Model Kooperatif Tipe Role

Playing pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4125-4132.

Kaffa, Z., & Miaz, Y. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Role

Playing pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5),

-8238.

Tagupia, J. K., Mogot, A. M., & Kaunang, M. J. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran

Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Freire Elementary Education Journal, 1(02), 30-36.

Tagupia, J. K., Mogot, A. M., & Kaunang, M. J. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran

Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Freire Elementary Education Journal, 1(02), 30-36


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Seto Adjie Nugroho, Yuhana Nur Aini, Fauzatul Marufah Rohmanurmeta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.