Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournamet) pada Siswa Kelas V Semester 2 SDN Purwosari 02 Kabupaten Madiun

Kurotul Uyun, Evi Heratna, Candra Dewi

Abstract


Permasalahan0dalam0penelitian0ini0yaitu0rendahnya hasil belajar siswa kelas V khusus nya pada mata pelajaran Matematika dengan pokok bahasan pengumpulan dan penyajian data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi pengumpulan dan penyajiian data di kelas V SDN Purwosari 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Purwosari 02 dengan jumlah 10 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari tindakan pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang ditetapkan apabila rata-rata kelas meningkat dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas yaitu pada saat pra siklus 64 menjadi 74 pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 84 pada siklus II. Selain itu data observasi menjunjukkan bahwa sebelum diberikan tindakan siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan setelah diberikan tindakan siswa terlihat aktif saat kegiatan pembelajaran maupun saat kegiatan kelompok.

Keywords


Teams Games Tournament, Hasil belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2012). Coopeirativei Leiarning Teiori dan Aplikasi PAIKEiM. Yogyakarta:

Pustaka Peilajar.

Arianti, Titin Puspita.(2015). Peineirapan Modeil Peimbeilajaran Koopeiratif Tipei Tgt Dalam

Peimbeilajaran Subteima Heiwan Di Seikitarku Untuk Meiningkatkan Hasil Beilajar Siswa

Di Seikolah Dasar. J PGSD, 3 (2) 360.

Anggraeini, V., & Wasitohadi, W. (2014). Upaya Meiningkatkan Keiaktifan Dan Hasil Beilajar

Mateimatika Siswa Keilas 5 Meilalui Modeil Peimbeilajaran Koopeiratif Tipei Teiams Gameis

Tournameint (Tgt) di Seikolah Dasar Virgo Maria 1 Ambarawa Seimeisteir II Tahun

Peilajaran 2013/2014. Satya Widya, 30(2), 121.

Damayanti, S & Tohimin Apriyanto (2017). Peingaruh Modeil Peimbeilajaran Koopeiratif Tipei Tgt

(Teiams Gameis Tournameint) Teirhadap Hasil Beilajar Mateimatika, Seiminar Nasional:

Jamborei Konseiling 3, 00(00), XX-XX.

Eindah, N. (2017). Peiningaktan Hasil Beilajar Ipa Siswa Keilas 5 Sd Meinggunakan Modeil

Peimbeilajaran Koopeiratif Tipei Tgt Beirbantuan Meidia Gambar. Jurnal Peindidikan

Seikolah Dasar, 3(2), 96.

Musfirah,0Nurul0Mukhlisa,0Nur0Fitri.0(2021).Peineirapan0Modeil0Takei0And0Givei0Pada0Peim

beilajaran0Teima020Teintang0Peirsatuan0dan0Keisatuan0untuk0Meiningkatkan0Hasil0Beil

ajar0Peiseirta0Didik0Keilas0VI0UPT0Sd0Neigeiri01090Pinrang.

Jurnal0Publikasi0Peindidikan,0volumei XX6Nomor0XX,0XX0p-ISSN

Miftahul Huda. (2011) Coopeirativei Leiarning Meitodei,Teiknik, Struktur dan Modeil Teirapan.

Yogyakarta: Pustaka Peilajar.

Panei, A., & Dasopang, M.D. (2017). Beilajar dan Peimbeilajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu

Keiislaman,03(2), 333-352

Rofiq, M.A, Mahmud, M. A. & Musfiroh, I.A.(2019). Peiningkatan hasil beilajar fiqih meilalui

modeil koopeiratif tipei teiams gameis tournameint (TGT) keilas V

Syam, N., Nurjannah, N., & Maryam, M., S. (2017). Peineirapan Peindeikatan Koopeiratif Tipei Two Stay Two Stray Untuk Meiningkatkan Partisipasi Beilajar Mahasiswa Pada Mata

Kuliah Peimbeilajaran Teirpadu. Publikasi Peindidikan, 7(1),31


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kurotul Uyun, Evi Heratna, Candra Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.