POLA ASUH DEMOKRASI SEBAGAI WAHANA PEMBUDAYAAN NILAI-NILAI PANCASILA DI LINGKUNGAN KELUARGA

Teja Insyaf Sukariyadi, Wikanso Wikanso, Wahyuningsih Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pola asuh keluarga alam pembentukan karakter anak, 2) pola asuh keluarga dalam pembentukan kepribadian anak an 3) pola asuh  keluarga dalam pembudayaan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif engan studi literature  , dengan kata lain, penulis dalam menyusun artikel ini dengan mencari, membaca dan meneliti berbagai literatur, baik buku, buku, penelitian hasil dan artikel yang berkaitan dengan masalah yang dibahas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keluarga  merupakan tempat berlangsungnya sosialisasi, yaitu. proses dimana anggota masyarakat baru diajarkan untuk mengetahui, memahami, mengikuti dan menghormati aturan dan nilai yang ada. Pola asuh yang diterapkan orang tua dalam lingkungan keluarga merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak, sehingga menjadi warga negara yang baik. Dalam konteks Indonesia, warga negara Indonesia yang baik adalah orang yang dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila sebagai dasar negara, falsafah negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia merupakan hasil pemikiran yang tinggi, luas dan mendalam dari para pendiri bangsa Indonesia. Sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia. Simpulan penelitian ini menunjukkan keluarga merupakan lembaga pendidikan yang memberikan pengalaman pertama yang merupakan faktor penentu dalam perkembangan pribadi anak. Pola asuh yang diterapkan orang tua di lingkungan keluarga, merupakan salah satu faktor penting dalam pembinaan karakter anak, agar dapat menjadi seorang good citizen (warga negara yang baik). Pola asuh demokratis mampu menjadi sarana pembudayaan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga.


Keywords


Pola Asuh, Keluarga, Demokrasi, Pendidikan, Nilai-nilai Pancasila

Full Text:

PDF

References


Ammiruddin, Aam. (2011). Sudahkah Kudidik Anakku dengan Benar. Bandung: Khazanah Intelektual.

Chomaria, Nurul. (2010). Become The Best Parents. Jakarta: Gema Insani.

Eshleman, J. Ross dan Cashion, Barbara G. (1985). Sociology. Boston Little Brown and Company.

Dariyo, Agoes. (2004). Perkembangan Remaja. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Driyarkara, (1980). Tentang Pendidikan, Yogyakarta : Kanisius.

Harsojo. (1988). Pengantar Antropologi, Bandung : Bina Cipta.

Siyati, R., & Kamariyah, E. I. (2022). Analisis Budaya Kerapan Sapi Di Madura Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnosains. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 89–96. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i2.8412

Siyati, R., & Kamariyah, E. I. (2022). Analisis Budaya Kerapan Sapi Di Madura Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnosains. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 89–96. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i2.8412

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Ruyadi, Yadi, et.al. (2003). Buku Tugas Belajar Mandiri Pendidikan Pancasila. Bandung : CV. Maulana.

Soelaeman, M.I. (1994). Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.

Suhendi, Hendi. (2001). Pengantar Studi Sosiologi Keluarga. Bandung: Pustaka Jaya.

Ulwan Abdullah Nashih. (1990). Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam Jilid 2. Bandung: Asy-Syifa.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Teja Insyaf Sukariyadi, Wikanso Wikanso, Wahyuningsih Wahyuningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.