MEMAHAMI HAMBATAN PENDENGARAN DAN BICARA DAN MODEL PEMBELAJARANYA

Ditto Putra Pratama, Relia Gita Priyangka, Firda Berlianika Rahmadhani, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Sifat inhibisi kekakuan (tuli) dan kesulitan bicara (impaired); (2) Bagaimana cara mendidik anak yang mengalami gangguan pendengaran (tuli) & gangguan bicara (bisu); dan (3) Peran orang tua anak berkebutuhan khusus tunarungu & bisu. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dan dilakukan di SLB PSM TAKERAN. Temuan menunjukkan bahwa meskipun anak-anak penyandang disabilitas, terutama mereka yang tuli atau kesulitan berbicara, memiliki defisit bahasa dan bicara yang membuat mereka sulit untuk terlibat dengan orang lain, tingkat intelektual mereka identik dengan anak-anak yang sedang berkembang. Bantuan diberikan dalam bentuk gerakan tangan dan gerakan tubuh lainnya sebagai bagian dari pendekatan pembelajaran. Agar anak tunarungu dan bisu mendapatkan pendidikan yang layak, orang tua dan pengajar sangat berpengaruh terhadap kemajuan belajar mereka.

Keywords


Tunarungu; tunawicara; model pembelajaran; peran orang tua & guru

Full Text:

PDF

References


Dewi Ekasari Kusumastuti, 2016 Pengembangan Strategi Pembelajaran Membaca Pemahaman Pada Anak Dengan Hambatan Pendengaran Kelas 4 Sdlb Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu

Tuti Rochanah, “Problematika Proses Pembelajaran Pai Pada Siswa Tunarungu Sdlbb Di Sdlb Marsudi Putra I Bantul Yogyakarta Tahun 2009

Gigih Wicaksono, “Hubungan Penguasaan Bahasa (Oral Dan Isyarat) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar Slb N Kota Magelang -Bahasa-Oral-Dan-Isyarat.Pdf (Diakses Selasa, 10 Januari 2017 Pukul 04:01 Wib).

Ashman, A. And Elkins, J. (Eds.). (1994). Educating Children With Special Needs. Sidney: Prentice Hall Of Australia Pty Ltd

Jj Hourcade – 1988 - Education And Training In Mental Retardation - Effectiveness Of Gestural And Physical Guidance Prompts As A Function Of Type Of Task - Jstor - Https://Www.Jstor.Org/Stable/23878420


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ditto Putra Pratama, Relia Gita Priyangka, Firda Berlianika Rahmadhani, Endang Sri Maruti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.