Analisis Kebahasaan Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum Merdeka

Dinda Septiandari, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


penelitian ini dilatar belakangi dengan penggunaan Bahasa di dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X kurikulum merdeka. Kemudian penulis berusahan menganalisis Bahasa yang digunakan oleh buku teks Bahasa Indonesia dengan melihat tata bahasa yang terdapat dalam isi buku disetiap materi nya. Tujuan dari penelitian ini agar dapat mengetahui kebahasaan yang digunakan di dalam buku teks apakah sesuai dengan ejaan Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana pada Buku Teks Bahasa Indonesia kelas X kurikulum merdeka. Hasil dari penelitian ini adalah mengenai kebahasaan yang terdapat dalam buku teks, struktur kaidah kebahasaan dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X kurikulum merdeka.

Keywords


Kebahasaan, Buku Teks, struktur kaidah Kebahasaan

Full Text:

PDF

References


Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3149

Arraman, B. C., & Hazmi, N. (2018). Analisis Buku Teks Sejarah Kelas X Kurikulum 2013. KAGANGA: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial-Humaniora, 1(2), 122–140. https://doi.org/10.31539/kaganga.v1i2.404

Ginting, Dasa oktaviani, et al.(2023). Analisis Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka. Jurnal Bahasa. Universitas Sebelas Maret: Surakarta. Vol. 12. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/44399

Ismawati, E. (2012). Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Ombak. Kemendikbud. (2022). Program Sekolah Penggerak. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/

Kurniawan, Hindra. (2015) Gramatikalisasi dalam Petunjuk Pelatihan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas SMA X. Jurnal Pena Indonesia: Universitas Negeri Surabaya. Volume 1, Nomor 2, file:///C:/Users/ASUS/Downloads/676-File%20Utama%20Naskah-1291-2-10-20180218.pdf

Mardikarini, S., & Suwarjo, S. (2016). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Pegangan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 261–274. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12057

Rahmati, Gustini. (2015) Buku Teks Pelajaran sebagai sumber Belajar Siswa Di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia; Bandung https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/2307

Ramah, S., & Rohman, M. (2018). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kurikulum 2013. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 2(2), 141. https://doi.org/10.29240/jba.v2i2.552

Aulia, Fadillah Tri. et.al. (2021). Cerdas Cergas BerBahasa dan Bersastra Indonesia Kelas X. Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/Bahasa-Indonesia-BS-KLS-X.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dinda Septiandari, Khaerunnisa Khaerunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.