Memahami Anak Autis dan Penerapan Model Pembelajaran

Royan Eka Yahya, Amalia Anjani Anatarsya, Koko Gunarto, Endang Sri Maruti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Pengertian anak autis ; (2)Model Pembelajaran anak autis ; (3)Faktor Penyebab autis ; (4)Karakteristik anak autis di Sekolah Dasar; (5) Dampak dari model pembelajaran bagi anak autis pada Sekolah Dasar. Penelitian ini berpendekatan kualitatif yang dilakukan di rumah subjek yaitu Khayyira Alzena Risqi Iftitah Siswanto tepatnya Jalan Binajaya, Nomor 79, Rejomulyo, Kota Madiun. Data dikumpulkan berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, selanjutnya dianalisis sesuai pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa anak autis ialah suatu gangguan yang terjadi pada otak sebagai akibatnya menyebabkan otak tersebut tidak bisa berfungsi selayaknya otak normal serta hal ini termanifestasi pada perilaku penyandang autisme. Model pembelajaran dilakukan berupa direct Learning, Contextual Teaching Learning, Two Stay Two Stray, Examples non Examples, SAVI ( Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy), Talking Stick. Faktor penyebab autis masih belum diketahui, namun sepertinya hal tersebut tidak diakibatkan oleh satu sebab saja.karakteristik anak autis pada Sekolah Dasar merupakan perilaku yang perseverative, kehendak yang kaku untuk melakukan atau berada pada keadaan yang sama terus monoton.akibat berasal contoh pembelajaran bagi anak autis pada Sekolah Dasar terbagi pada tiga aspek yaitu: kognitif, afektif dan psikomotorik


Full Text:

PDF

References


Asiyah, Dewi. 2012. Dampak Pola Pembelajaran Sekolah Inklusi terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Pascasarjana Pendidikan Islm Konsentrasi Psikologi Pendidikan Islam IAIN Syech Nurjati Cirebon

Damanik, D. P., & Bukit, N. (2013). Analyze Critical Thinking Skills And Scientific Attitude In Physics Learning Used Inquiry Training And Direct Instruction Learning Model. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 16–24. https://doi.org/10.22611/jpf.v2i1.4333

Falentina, U. (2017). Memanfaatkan Metode Kerja Kelompok dalam Model Direct Instruction Untuk Mengoptimalkan Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 8 Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016 DI SMPN 8 Bintan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 131–137. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i2.1176

Glazzard, Jonathan. 2015. Asih Asah Asuh Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jogjakarta: PT Kanisius

Hadis, Abdul. 2006. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. Bandung: Alfabeta

Handojo. 2013. Autism Petunjuk Praktis dan Pedoman Praktis Untuk Mengajar Anak

Handojo, Autisme : Petunjuk Praktis & Pedoman Materi untuk Mengajar Anak Normal, Autis dan Perilaku Lain, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2004.

Haryanti, Y. D., Febriyanto, B., & Nuraisyah, I. F. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Direct Instruction Berbantuan Media Bagan Garis Waktu. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 23–41. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1074

Jasmi. 2014. Tinjauan Pustaka Model Pembelajaran talking Stick. http://digilib.unila.ac.id/500/3/BAB%20II.pdf (Diadaptasi Tanggal 14 September 2018).

Kasran, S. (2003). Autisme: konsep yang sedang berkembang. Jurnal Kedokteran Trisakti. Retrieved November 22, 2021, from https://core.ac.uk/download/pdf/144967101.pdf

Kusumawati, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Dengan Animasi Macromedia Flash Berbasis Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Di Sekolah Dasar. Premiere Educandum, 5(2). https://doi.org/10.25273/pe.v5i02.289

Lie, Anita. 2005. Cooperating Learning : Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia.

Maarif, M., Fauziah, M., & Fauzi, R. (2020). Effectiveness Of Direct Instruction For Learning Models Improving Batik Skills In Basic School Students In Sanggar Batik Cikadu. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1), 151–158. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7894

Normal, Autis dan Perilaku Lain. Jakarta: Erlangga

Peters, Theo. 2012. Panduan Autisme Terlengkap. Jakarta: Dian Rakyat

Ratnadewi. (2008). Peran Orangtua Pada Terapi Biomedis Untuk Anak Autis. Retrieved from Http://Www.Gunadarma.Ac.Id/Library/Articles/Graduate/Psychology/20 08/Artikel_10504147.Pdf.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Thompson, Jenny. 2010. Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Erlangga Group

Triantoro Safaria, Autisme : Pemahaman Baru Untuk Hidup Bermakna Bagi Orang Tua, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2005.

Usman, U. (2014). Penerapan Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyusun Laporan Keuangan di SMK Negeri 1 Tarakan. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(3), 320–326. https://doi.org/10.17977/jph.v1i3.4141


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Royan Eka Yahya, Amalia Anjani Anatarsya, Koko Gunarto, Endang Sri Maruti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.