PENERAPAN’ MODEL’ SNOWBALL’ THROWING’ BERBANTUAN MEDIA AUDIO’ VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS III DI SDN WONOASRI 01

Dewi Khawitan Inas Azza, Nur Syamsiyah, Sujatmi Sujatmi

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa kelas III khususnya di bidang tematik menjadi isu dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah paradigma pembelajaran Snowball Throwing yang menggunakan alat bantu audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD N Wonoasri 01. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan prosedur penelitian untuk tahap perancangan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi penelitian tindakan kelas (PTK). Sebanyak 10 siswa SD N Wonoasri 01 kelas III, 6 siswa laki-laki, dan 4 siswa perempuan menjadi subjek penelitian. Pengamatan, pengujian, dan pendokumentasian adalah metode pengumpulan data yang digunakan. Jika nilai rata-rata naik dari pra-siklus, siklus I, dan siklus II, indikator keberhasilan ditetapkan. Hasil untuk pembelajaran tema siswa berkembang, menurut temuan. Hal ini ditunjukkan oleh kenaikan nilai rata-rata kelas, yang naik dari 61,5 sebelum pra-siklus menjadi 73 pada siklus I sebelum naik sekali lagi menjadi 87,5 pada siklus II. Selain itu data observasi menunjukkan bahwa sebelum di terapkan model Snowball Throwing ada siswa yang terlihat kurang aktif selama pembelajaran dan sesudah diberikan tindakan model pembelajaran siswa terlihat aktif saat kegiatan pembelajaran secara individu maupun secara berkelompok.


Keywords


Model Snowball Throwing.

Full Text:

PDF

References


Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fauzana, A., & Lena, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Snowball Throwing d i Kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Bonjo Alam Ampek Angkek. 4(2009), 2708–2714.

Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing Pada Siswa Kelas Vi Sd Swasta Pab 15 Klambir Lima. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 179. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28866

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148.

Mohib, A. (2010). Penggunaan Model Belajar Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Los, U. M. D. E. C. D. E. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.

Palopo, K. (2019). CJPE : Cokroaminoto Juornal of Primary Education PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DI. 2, 100–113.

Siregar, E., & Widyaningrum, R. (2015). Belajar Dan Pembelajaran. Mkdk4004/Modul 01, 09(02), 193–210.

Susanti, M., Rahmadona, T., & Fitria, Y. (2023). Jurnal basicedu. 7(1), 339–350.

Suwandewi, N. L. K. A. (2020). Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 455. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27454


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dewi Khawitan Inas Azza, Nur Syamsiyah, Sujatmi Sujatmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.