Penerapan Model Problem-Based-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Matematika Di Kelas IV SDN 01 Taman Kota Madiun

Devika Feby Nurman Pradina, Fida Chasanatun, Apri Kartikasari H.S.

Abstract


Tujuan penelitianniniiadalahhPenerapannmodelllProblem-Based-Learning (PBL) pada materi statistikia untuk meningkatkan hasil belajar tematik muatan Matematika siswa kelas IV SDN 01 Taman Kota Madiun. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis PenelitiannTindakannKelas yang terdiriidari siklus I dan siklussII. Prosedur penelitiannya yaituuperencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjekkpenelitiannini adalah siswa kelas IV berjumlah 9 siswa yang memiliki hasil belajar tematik muatan matematika rendah. Instrumen penelitian berupa lembar evaluasi yang berjumlah 20 butir soal berbentukkpilihannganda. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan dalam pengumpulan data. Teknikkanalisissdataayanggdigunakan adalah data kuantitatif lalu di deskirpsikakan dengan data kualitatif. Hasillpenelitiannmenunjukkannbahwaadengannnmenerapkannmodelllproblem-based-learning dapattmembantu meningkatkannhasil belajar tematik muatan Matematika siswa. Rata-rata hasil belajar tematik muatan Matematika siswa mengalami peningkatan dari prasiklus, dilanjutkan pada siklus I dan berhenti di siklus 2 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 93% dari 27 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan menerapkan model problem-based-learning pada materi Statistik dapat meningkatkannhasil belajarrtematik muatan Matematika siwa kelas IV SDN 01 Taman Kota Madiun.

Keywords


Problem-Based-Learning, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 2415-2422.

Desmita. (2019). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA

Mulyasa. (2019). Praktik penelitian tindakan kelas. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas model problem based learning dan discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 228-238

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Hung, W., Jonassen, D. H., & Liu, R. (2008). Problem-based learning. In Handbook of research on educational communications and technology (pp. 485-506). Routledge.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Haji, S. (2009). Dampak Penerapan Pendekatan Tematik Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 10, 1-10.

Maarif, H., & Wahyudi, W. (2015). Eksperimentasi Problem Based Learning dan CIRC dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 97-115.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Devika Feby Nurman Pradina, Fida Chasanatun, Apri Kartikasari H.S.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.