Strategi Sekolah Dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A’yun, Q., Indriani, S. M., Anugrah, V., Amelia, V., & Khoiri, M. M. (2022). Penanaman Nilai Beriman Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Pembiasaan Siswa di MTs Al-Ma’arif 03 Singosari. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 59-69.
Badan Standar Kurikulum & Asesmen Pendidikan. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Choirunissa, R., & Ediati, A. (2020). Hubungan antara komunikasi interpersonal remaja-orangtua dengan regulasi emosi pada siswa smk. Jurnal Empati, 7(3), 1068-1075.
Dalimunthe, R. A. A. (2015). Strategi dan implementasi pelaksanaan pendidikan karakter di SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1).
Fitri, A. D. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik di SDIT Global Insan Madani.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.
Jamaludin, J., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698-709.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021, May). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila. In Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas PGRI Palembang.
Kemendikbud Dikdasmen. 2017. Pedoman Umum Penggalian Dan Perwujudan Nilai Akhlak Mulia Bagian Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta
Kpalet, P., & Riniyanti, F. (2019). PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH WAIPARE KECAMATAN KANGAE KABUPATEN SIKKA. JUPEKN, 4(1), 37-41.
Kurniastuti, R., Nuswantari, N., & Feriandi, Y. A. (2022, August). Implementasi profil pelajar pancasila sebagai salah satu bentuk pendidikan karakter pada siswa SMP. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 445-451).
Munir, A., Elpisah, E., Husain, A. S., & Rakib, M. (2018). Implementasi program pendidikan karakter Di SMPN 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng. Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan, 10(2), 77-88.
Ramadhani, S. A., & Sari, F. (2022). Metode dan Strategi Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah. Tamaddun Journal of Islamic Studies, 1(2), 154-164.
Samsul, A.(2021).Konsep Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Islam Dan Implikasinya Terhadap Penguatan Karakter Religius Di Era MIlenial.Tesis tidak
diterbitkan.Purwokerto.Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Prof.K.H.Saifuddin Zuhri Purwekerto
Sukmadinata. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Suwardani. 2020. “Quo Vadis’ Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Denpasar : UNHI Press
Sofyan Tsauri. 2015. Pendidikan Karakter : Peluang Dalam Mebangun Karakter Bangsa. Jember : IAIN Jember Press
Wahyuni. 2021. Pendidikan Karakter Membentuk Pribadi Positif dan Unggul di Sekolah. Sidoarjo : UMSIDA Press
Wathani, N. (2021). Internalisasi Nilai–Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah di SMKN 41 Jakarta. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 19(2), 47-77.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta : Kencana Media Grup
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ilham Bayu Ludiansyah, Nurhadji Nugraha, Yuni Harmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.