Peningkatan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Dengan Penggunaan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Melalui Bahan Ajar Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Destia Destia, Pinkan Amita Tri Prasasti, Dianita Puspita

Abstract


Penelitian ini berupaya memberikan gambaran yang realistis tentang bagaimana peningkatan pembelajaran bahasa Indonesia di kalangan siswa kelas 2 SD Negeri Bangunsari 03 Dolopo, Madiun. Kajian ini akan berfokus pada penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam bahan ajar yang dikaitkan dengan kemampuan menyusun kalimat dasar. Karena menjelaskan bagaimana pendekatan pembelajaran digunakan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat diperoleh, penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian deskriptif. Untuk menawarkan obat alternatif untuk masalah pembelajaran di kelas, pendekatan penelitian tindakan kelas ini digunakan. Siswa yang tuntas KKM mencapai 0% pada pra siklus, sedangkan yang tidak mencapai 100%.Siswa yang tuntas pada siklus 1 mencapai 30% diatas KKM, namun masih ada lebih dari 70% dibawah KKM yang belum tuntas. Sebaliknya, hasil belajar siswa siklus 2 juga meningkat dibandingkan siklus 1, dengan siswa yang tuntas diatas KKM mencapai 100%. Dengan demikian, dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda baca, pembelajaran melalui penggunaan bahan ajar yang menarik dapat meningkatkan kemampuan menyusun frase dasar.


Keywords


Menulis, Penggunaan huruf kapital dan tanda baca, Bahan ajar

Full Text:

PDF

References


Asnawi, A. (2016). Persepsi Mahasiswa terhadap Pemanfaatan Youtube Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Membaca. GERAM (Gerakan Aktif Menulis), 4(3), 11–22

Dalman. (2013).Menuis Karya Ilmiah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Herlina, H. (2016). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Melalui Metode Sq4r. Jurnal Visi Pptk-Paudni, 11(1), 29-35

Iskandar, Hartati, Hendriani (2018: 74-82). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. III No. I, April 2018, Hlm. 74-82

Kemmis, S dan R. Mc Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Kurniawati, I. (2015). Modul Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Bumi Putera.

Latae, A. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(4), 199–213.

Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar TematikIntegratif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter. Doi:10.21831/Jpk.V7i1.15503

Nana, and Endang Surahman. (2019). “Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE Di Era Revolusi Industri 4.0.” Pp. 82–90 in Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya). Vol. 4.

Paizaludin, & Ermalinda. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bandung: Alfabeta.

Sudrajat, A. (2015). Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction).

Sugiran, (2008), Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Memanfaatkan Pengalaman Menulis Buku Harian, Jurnal Kependidikan Interaksi, Tahun 3 Nomor 3 April 2008: 53—65

Suparti. (2007). Strategi pembelajaran menulis di SD kelas IV. Didaktika, 2, 259-271.

Tampubolon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca : Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Edisi Revisi. Bandung: Angkasa.

Tiara Astari (2018). Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Dengan Memperhatikan Penggunaan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Melalui Pembelajaran Aktif Dan Menyenangkan Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi. Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia.

Winarti Sri. (2001). Pembelajaran menulis Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Elmatera.

Wassid Iskandar dan Dadang. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa Bandung: Rosdakarya.

Yusuf Syamsu dan Nani Sugandhi. (2011). Perkembangan Peserta Didik Jakarta: Raja Grafindo.Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Destia Destia, Pinkan Amita Tri Prasasti, Dianita Puspita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.