Upayaameningkatkanahasil belajarasiswa menggunakan mediaaGeoboardadalam pembelajaranamatematikaamateri bangunadatarapadaasiswaakelas IIIaSDN 1aKlepuaTahun Ajarana2022/2023

Desi Liana, Hartini Hartini, Mualim Mualim

Abstract


Penelitian iniAadalah penelitianATindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajarAsiswa denganAmenggunakan mediaAgeoboard padaAmateri bangunAdatarAkelasAIII SDN I Klepu yang dilatarbelakangiAdengan rendahnyaAketuntasan minimalAKKM pada pelajaranAmatematikaAkhususnya yang dianggapApelajaranyangAsulit dan kurangAmenyenangkan. JenisApenelitian yangAdigunakan adalahAPenelitian TindakanAKelasA (PTK) Aberkolaborasi denganAguru kelasAuntukAmeningkatkanAhasil belajarAmatematika materi bangun datar kelas III. Subjek dalamapenelitian iniaadalahasiswa kelas IIIaSDN 1 Klepu yang berjumlahA19 siswa.SedangkanAobjekApenelitianAadalahAkeseluruhanAprosesApadaapenggunaanAmediaAgeoboardApada kelas III SDN 1 Klepu. Hasil penelitian menunjukanAbahwa penggunaanAmedia geoboard padaApembelajaran bangunAdatarAdapatAmeningkatkanAhasil belajarAmatematika. HalAini ditunjukan dengan nilaiArata-rata kelas dariApraAsiklus keAsiklus 1 yaituAdari 62 menjadiA66 danAdariAsiklus 1Ake siklusA2 yaituAdari 66Amenjadi 80. SelainAitu dari hasilAobservasi menunjukanAbahwaApenggunaan media geoboard sangat membantu dalam pelaksanaanApembelajaran matematikaAkarena suasana belajar lebihAmenyenangkan, siswaAlebih muda memahamiAmateri yang dipelajariAdan guru lebih mudahAdalam mengajar. DenganAdemikian dapatAdisimpulkan bahwaAmedia geoboardAdapat meningkatkanAhasil belajarAmatematikaAmateriAbangun datarAsiswaAkelasAIII SDN 1 Klepu.

 


Keywords


Media Geoboard, Hasil Belajar Matematika, Kelas 3 SD.

Full Text:

PDF

References


Amir, M.F., & Sartika, S.B. (2017). Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA PRES

Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. jurnal Math Educator Nusantara.

Baharuddin. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. Baharudin & Nur Wahyuni, Esa. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Reneka Cipta.

Sundayana, Rostina. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Alfabeta.

Daryanto. 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media. Herawati. 2018. Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal Volume IV. Nomor 1. Januari – Juni, Dosen UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Nurdin, Mohamad. 2013. Belajar dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA.

Sani, Ridwan Abdulah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Inflementasi kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sunaryo Kartadinata. (1999). Bimbingan Di Sekolah Dasar. Bandung: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sulistryarini & Santoso. 2015. Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Problem Based Learning Pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM), I(1). 56-72.

Susanto & Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta Prenamedia Group Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Desi Liana, Hartini Hartini, Mualim Mualim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.