Persepsi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia terhadap Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru)
Abstract
Perubahan kurikulum dalam dunia pendidikan merupakan sebuah keniscayaan. Guru dalam pelaksanaan kurikulum ini adalah sebagai fasilitator dalam menjalankan roda kurikulum merdeka di dalam kelas. Keberhasilan pelaksanaan kurikulum ini berasal dari pemahaman guru terhadap tahapan pelaksanaan kurikulum merdeka dengan baik dan benar serta kreativitas guru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan tentang persepsi guru yakni mahasiswa pendidikan profesi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap kurikulum merdeka. Deskriptif kualitatif merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan, hasilnya ialah persepsi guru studi kasus mahasiswa pendidikan profesi guru ini pada awalnya masih lemah, rata-rata menganggap bahwa kurikulum merdeka ini sulit untuk diimplementasikan. Guru juga masih belum paham terkait dengan pedagogi genre, problem based learning, maupun project based learning. Kesimpulannya bahwa pemahaman yang baik terhadap tahapan pelaksanaan kurikulum merdeka diikuti dengan pemahaman pembelajaran berdiferensiasi, pemahaman dalam peningkatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi yang baik pula maka akan terwujudunya implementasi kurikulum merdeka yang mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional, guna membentuk generasi emas berkarakter unggul.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminata, D. D., Amalia, K., & Maulana, I. (n.d.). Pembelajaran Maharah Kalam Berbasis Pedagogi Genre.
Ayuningtyas, T., Aeni, A. N., & Syahid, A. A. (2022). Meningkatkan kemampuan pendidik dalam penggunaan teknologi melalui workshop adaptasi teknologi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(2), 149–159. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i2.52260
Huriyatunnisa, A. (2022). Penerapan Adaptasi Teknologi Bagi Guru Sekolah Dasar dalam Menunjang Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(2), 3163–3173. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2548
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Marwa, N. W. S., & Usman, H. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. 18(2).
Mayasari, A., & Arusliadi, H. (2023). Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Era Digital di SMA Negeri 4 Banjarmasin.
Nyoman Ida Bagus Mantra & dkk. (2022). Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Pelatihan Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6313–6317.
Rahmawati, I. Y., Priyatni, E. T., & Suwignyo, H. (n.d.). Genre-Based Approach to BIPA Teaching in The Philippines.
Saputra, D. W., & Hadi, M. S. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum Merdeka. Jurnal Holistika, 6(1), 28. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.28-33
Sukini, dkk. (2022). Penerapan Model Pedagogi Genre dalam Pembelajaran Menulis Puisi Mahasiswa PBSI. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2).
Sunarni, S., & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1613–1620. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.796
Suwandi, S. (2022). Pedagodi Genre dan Sibergogi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di ERa Digital untuk Mewujudkan Kompetensi Multiliterasi Siswa. Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Dan Sastra Indonesia Universitas Timor.
Tetuko Adicondro, Indri Anugraheni. (2022). Pengaruh Problem Based Learning ( Pbl) Dan Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7016068
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ida Yeni Rahmawati, Andik Wahyu Sulistiyo, Nanang Cendriono
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.