PERANAN PENGGUNAAN FILM PENDEK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn

Citra Dewi Pramesty, Nurhadji Nugraha, Yoga Ardian Feriandi

Abstract


Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam proses belajar mengajar agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Media pembelajaran sangatlah penting untuk digunakan sebagai alat bantu untuk menyampaikan informasi mengenai materi yang akan diajarkan, karena dapat menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar. Media film yang menarik dan sesuai dengan materi pembelajaran akan membantu menyampaikan informasi dan pesan ketika digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan peran  penggunaan film pendek terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn.  Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa perlu adanya penerapan media pembelajaran yang inovatif ddan kreatif supaya siswa tidak mudah merasa bosan.Penggunaan media pembelajaran dapat membantu guru menyampaikan materi pemelajaran dengan baik, mudah dipahami, dan jelas. Misalnya penggunaan media film dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi yang juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Keywords


Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). Medan: Cv. Pusdikra Mj

Ariani, N., Masruro, Z., Saragih, S.T., Hasibuan, R., Simamora, S.S., Toni. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Widia Bhakti Persada Bandung

Bunyamin. (2021). Belajar Dan Pembelajaran : Konsep Dasar, Inovasi, Dan Teori. Jakarta: Uhamka Press

Benaziria, B. (2018). Pengembangkan Literasi Digital Pada Warga Negara Muda Dalam Pembelajaran Ppkn Melalui Model Vct. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 11. Https://Doi.Org/10.24114/Jupiis.V10i1.8331

Fauziyah, R. (2016). Efektivitas Penggunaan Modul Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Boga Dasar Kelas X Di Smk Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 181–188.

Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto.

Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pembelajaran Pkn Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Siswa Sd. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 652–656. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V6i1.3206

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V3i2.11762

Sau, F. (2020). Penerapan Media Film Pendek Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Esai Pada Peserta Didik Kelas Xii Mipa 6 Sma Negeri 1 Pontianak. Jambura Journal Of Linguistics And Literature, 1(1). Https://Doi.Org/10.37905/Jjll.V1i1.6917

Titianto, P. I. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual (Film Pendek) Terhadap Motivasi Belajar Pai Siswa Kelas Ix Smp It Baitul Qurro. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Citra Dewi Pramesty, Nurhadji Nugraha, Yoga Ardian Feriandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.