Penerapan Media Pop Up Open Close Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Dongeng Siswa Kelas 3 SDN Klecorejo 01

Citra Zherly Fitriana, Nanda Ayu Margono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop up open close mata pelajaran Bahasa Indonesia materi dongeng siswa kelas 3 SDN Klecorejo 01. Menunjukkan bahwa pemahaman materi dongeng kurang dipahami oleh siswa kelas 3 SDN Klecorejo 01. Dengan mengaplikasikan media pembelajaran tersebut dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, dengan adanya media tersebut pembelajaran semakin menarik dan lebih menyenangkan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari pengembangan media pembelajaran ini adalah media yang dibuat bisa digunakan berulang kali tetapi kelemahan media tersebut adalah terdapat pada pin yang digunakan untuk menancapkan jawaban, sehingga dapat merusak media (media menjadi berlubang) karena media terbuat dari kertas karton dan kardus. Peserta didik kurang memperhatikan materi yang disampaikan, mereka asyik ramai sendiri, ada beberapa anak yang kurang fokus mereka malah melamun dan kurang bersemangat. Ada beberapa murid yang aktif bertanya, dan tak jarang juga mereka langsung menjawab apa yang sedang disampaikan. Ada 2 murid yang berani menjawab pertanyaan yang diberikan. Simpulan media pembelajaran pop up open close yang digunakan sudah efektif tetapi peserta didik kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh pendidik.


Keywords


Media Pembelajaran, Pop Up Open Close, Dongeng

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Pertama). Jakarta: Prenadamedia Group.

Anzelina, D. (2015). Penerapan Metode Utang (Ular Tangga) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Iv Sd Negerino 101731. 0–15.

Anzelina, Dewi. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VA SDN No. 101731 Kampung Lalang. 4, 1–18.

Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81–97.

https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Citra Zherly Fitriana, Nanda Ayu Margono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.