Self-Disclosure pada Media Sosial Instagram
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mendorong siswa melakukan self-disclosure pada akun media sosial instagram. Tingkat self-disclosure yang terjadi di akun media sosial instagram dan dampak yang diperoleh ketika siswa melakukan self-disclosure pada akun media sosial instagramnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Instrumen penelitian berupa wawancara dengan responden penelitiannya siswa kelas X SMKN Negeri 5 Madiun yang berjumlah 5 siswa SMKN 5 Kota Madiun pengguna aktif media sosial instagram. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap siswa memiliki faktor pendorong tersendiri dalam melakukan self-disclosure di akun instagramnya. Media sosial instagram tidak hanya digunakan sebagai ajang eksistensi melainkan juga digunakan sebagai tempat ternyaman untuk mengungkapakan perasaanya. Tingkat self-disclosure yang terjadi di akun instagram sebagai media mengungkapkan dan mengekspresikan yang dialami siswa dalam kehidupannya. Dampak yang dirasakan juga pasti memiliki hal yang positif dan negatif untuk siswa dalam melakukan self-disclosure di akun instagramnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arnus, S. H. (2016). Self disclosure di media sosial pada mahasiswa IAIN Kendari. Fakultas Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah IAIN Kendari, 11(2), 1–18.
Ayu, R. D. (2021). Self-Disclosure Melalui Fitur Instagram Stories (Studi pada Mahasiswa KPI UIN JAKARTA).
Global, D. (2022). Digital 2022. https://datarelportal.com/reports/digital-2022-indonesia
Ifdil, & Ardi, Z. (2013). Konsep Dasar Self Disclosure dan Pentingnya Bagi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 110. https://doi.org/10.24036/pendidikan.v13i1.2202
Instagram. (2021). No Title. APKMirror. https://www.apkmirror.com/apk/instagram/instagram-instagram/
John H. Berg, V. J. D. (2013). Self-Disclosure Theory, Research, and Therapy. Springer US.
Luft, J., & Ingham, H. (2020). Self Disclosure Generasi Milenial melalui Second Account Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 312–323.
Mahardika, R. D. (2019). Pengungkapan Diri pada Instagram Instastory. Jurnal Studi Komunikasi, 3(1), 101–117.
Nursetyo, D. A. (2017). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis dan Keterbukaan Diri Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Purwoketo. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomia, 12(2), 212–231.
Rini, D. (2018). Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Widyaloka Ikip Widya Darma, 5(3), 261–278.
Sabarrudin. (2019). Self-disclosure pada mahasiswa pengguna instagram ( studi kasus mahasiswa politeknik pertanian negeri pangkep ). Journal of Communication Sciences (JCoS), 1(2), 111–120. http://www.journal-uim-makassar.ac.id/index.php/JCoS/article/view/288%0Ahttp://www.journal-uim-makassar.ac.id/index.php/JCoS/article/viewFile/288/234
Sari, N. A., Asri, D. N., & Christiana, R. (2022). Self Disclosure Melalui Media Sosial Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Madiun. Senassdra, 1, 547–556.
Secsio, W., Putri, R., & Nurwati, R. N. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Universitas Padjajaran, 3(1), 1–154.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan RND (2nd ed.). Alfabeta.
Waliy, P. A., & Handayani Sri Wahyu Ening. (2021). FENOMENA FOTO SELFIE DAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Fenomena Selfie di Media Sosial Instagram di Kalangan Pegawai Gramedia Hartono Mall Solo Baru). Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 19(2), 121–128.
Yz-zahra, F. A., & Hasfi, N. (2018). Studi Fenomenologi Online Self Disclosure melalui Instagram Story. Interaksi Online, 7(1), 56–67.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aurellia Ivana Puspa Safira, Dahlia Novarianing Asri, Diana Ariswanti Triningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.