Pengaplikasian Media Pembelajaran Utang Sikat (Ular Tangga Puisi Rakyat) untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Kelas 4 SDN Tempursari 01
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Utang Sikat (Ular Tangga Puisi Rakyat) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Pantun. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik praktik langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri Tempursari 01 yang diambil sampel sebanyak 15 siswa. Beberapa kelebihan penggunaan media pembelajaran ini siswa menjadi antusias karena menarik untuk dimainkan juga didukung oleh nyanyian yang telah dibuat. Permasalahan mengenai menulis pantun yang ditemukan peneliti antara lain, ketika siswa ditugaskan membuat pantun, kekurangan pemahaman, dipengaruhi oleh media sosial serta motivasi belajar siswa terhadap menulis pantun. Media pembelajaran Utang Sikat (Ular Tangga Puisi Rakyat) hanya bisa digunakan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pantun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
(Anugraheni & Izzulhag, 2022). TADIKA (Teks Deskripsi dan Ular Tangga): gagasan dalam pengembangan media pembelajaran Bahasa Indonesia
(Kasdriyanto, Jannah, & Juarsono, 2022). Penerapan Model Role Playing Terhadap Hasil
Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd Muhammadiyah 2 Pendil http://jurnal.umrah.ac.id/wp-content/uploads/gravity_forms/1-
ec61c9cb232a03a96d0947c6478e525e/2016/08/EJOURNAL-M.RAIS-100388201365-FKIP2016-PDF.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fitriana Nur Budiati, Sekar Nabila Phasa Silfia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.