Peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui permainan Dakon di SDN 1 Babadan Kabupaten Nganjuk
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui permainan Dakon pada kelas V di SDN 1 Babadan, Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Babadan Kabupaten Nganjuk pada tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2023. Subjek penelitian berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal evaluasi berupa soal cerita bercirikan HOTS pada materi operasi hitung pembagian dan perkalian. Hasil penelitian adalah penerapan permainan dakon dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian dan pembagian. Nilai rata-rata hasil evaluasi siswa pada prasiklus sebesar 63,18 menjadi 75,00 pada siklus pertama, dan meningkat menjadi 79,55 pada siklus kedua. Siswa yang mampu mencapai KKM pada prasiklus sebesar 55% meningkat menjadi 73% pada siklus pertama dan meningkat menjadi 77% pada siklus kedua. Penerapan permainan Dakon dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Babadan Kabupaten Nganjuk.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi La. (2022). Pendidikan keluarga dalam perpekstif islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rashid, 7(1), 1–9. Retrieved from http://www2.irib.ir/worldservice/melayu
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.
Fendrik, M. (2019). Penggunaan Alat Peraga Dakon Matematika (Dakota) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 702–708.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., … Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. KlatenJawa Tengah: Tahta Media Group.
Hatim, M., Hadi, M., & Huda, M. M. (2019). Dakota (Dakon Matematika) Sebagai Media Penanaman Konsep KPK dan FBB di Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 43–51. https://doi.org/10.17509/ebj.v1i1.26221
Maulidiyah, Z., & Mudjiarti, T. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi FPB Menggunakan Media Dakon Bilangan Siswa Kelas V SDN Sambikerep II / 480 Surabaya. Journal PGSD, 2(3), 1–11.
Risnawati, R., Wibowo, A., & Bahar, B. (2019). Pengaruh Penggunaan media Dakon Matematika terhadap Hasil belajar Siswa Kelas Tinggi SD di Kabupaten Gowa. PEPATUDZU: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 15(2), 118–126.
Riwanto, M. A., & Setianingsih, U. (2017). Peningkatan Motivasi Siswa dalam Berdiskusi IPA Menggunakan Media Teka-Teki Silang (TTS) Berbasis Komputer Mawan. Jurnal PANCAR, 1(2252), 58–66.
Savriliana, V., Sundari, K., & Budianti, Y. (2020). Media Dakota (Dakon Matematika) Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160–1166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.517
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Utami, D. W., Hamdani, H., & Uliyanti, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Dakon Bilangan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika. … Pendidikan Dan Pembelajaran …. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/24588%0Ahttps://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/24588/75676576146
Widana, I. W. (2017). Higher Order Thinking Skills Assessment (Hots). JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 3(1), 32–44. https://doi.org/10.21009/jisae.v3i1.4859
Yenti, L. S. (2015). Pembuatan permainan dakon virtual. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 4(1), 1–13.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Atsiil Lutfyta Putri, Titin Masfingatin, Rina Arum Pramestiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.