Memahami Hambatan Perkembangan Intelektual serta Penerapan Model Pembelajaranya

Arya Dino Ardana, Rossy Qoimatul Fadhila, Vivian Putri Maretha, Sultan Dzaky Fawas El-Hafu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan: (1) hakekat anak yang mengalami hambatan perkembangan intelektual (tunagrahita); (2) cara mengajar anak yang memiliki hambatan intelektual (tunagrahita); dan (3) peran orangtua yang memiliki anak yang mengalami hambatan perkembangan intelektual (tunagrahita). Penelitian ini berpendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di SLB PSM Takeran. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi, selanjutnya dianalisis berdasarkan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak yang mengalami hambatan perkembangan itelektual (tunagrahita) adalah anak yang mempunyai fungsi berfikir dibawah rata-rata yatu 84 kebawah. Pada model pembelajaran ini, pendekatan yang digunakan adalah pengajaran yang personal, di mana setiap murid menerima pengajaran secara kolektif dengan mata pelajaran yang sama, namun tingkat kedalaman dan cakupan materi diselaraskan dengan potensi dan kriteria setiap individu. Orang tua sangat berperan dalam peningkatan presatsi anak berkebutuhan jenis ini.


Keywords


Perkembangan intelektual; hambatan intelektual (tunagrahita); model pembelajaran; peran orangtua

Full Text:

PDF

References


Rachmayana, D. (2016). Menuju Anak Masa Depan yang Inklusif. Jakarta Timur: PT. LUXIMA METRO MEDIA.

Agustini, F. (2019). Pelaksanaan Program Pembelajaran Individual Anak Tunagrahita Ringan. BASIC EDUCATION, 8(4), 381-390.

Rahmatika, S. N., & Apsari, N. C. (2020). Positive Parenting: Peran Orang Tua Dalam Membangun Kemandirian Anak Tunagrahita. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 329-340.

Ginintasasi, R. (2016). Program Bimbingan dan Konseling Kolaboratif dalam Penanganan Anak dan Remaja Autis. Bandung: Pt. Refika Aditama.

Lisinus, R., & Sembiring, P. (2020). Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus (Sebuah Perspektif Bimbingan dan Konseling). Yayasan Kita Menulis.

Budiyanto. (2018). Merancang Identifikasi, Asesmen, Planing Matriks dan Layanan Kekhususan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. Surabaya: Jakad Publishing.

Solihin, A. M., Prabowo, Y. T., Sudarno, S, N., Aria, & Nila. (2017). Menjadi Orang Tua Hebat Untuk Keluarga dengan Anak yang Memiliki Disabilitas. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.A.K. Wardani, Tati Hernawati, Astati (2013). Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arya Dino Ardana, Rossy Qoimatul Fadhila, Vivian Putri Maretha, Sultan Dzaky Fawas El-Hafu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.