Pengembangan Modul Literasi Berbasis Etnosains Budaya Lokal Ponorogo untuk Siswa Sekolah Dasar

Arda Yulianti, Raras Setyo Retno, M.Soeprijadi Djoko Laksmono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui Pengembangan Modul Literasi Berbasis Etnosains Budaya Lokal  Ponorogo untuk siswa sekolah dasar. (2)Mengetahui Kelayakan Modul Literasi Etnosains Budaya Lokal Ponorogo. (3) Mengetahui tingkat Kepraktisan Modul Literasi Etnosains Berbasis Budaya Lokal Ponorogo yang diterapkan dalam pembelajaran sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design. Deevelopment, Implementation, Evaluation) dan menggunakan teknik pengumpulan data angket serta dokumentasi. Model ADDIE ini merupakan penelitian yang digunakan untuk mengembangkan produk pembelajaran secara utuh dengan langkah yang simpel dan mudah untuk dipelajari. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk layak dan praktis digunakan dengan presentase Media (74%), Materi (100%), dan Bahasa (90%) dan respon siswa dengan presentase (90,93%).


Keywords


Modul literasi, Budaya lokal, Etnosains

Full Text:

PDF

References


Siyati, R., & Kamariyah, E. I. (2022). Analisis Budaya Kerapan Sapi Di Madura Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnosains. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 89–96. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i2.8412

Pratama, A., Ulfa, S., & Praherdhiono, H. (2020). Pengembangan Video Animasi Budaya Reog Ponorogo sebagai Suplemen Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 9–17. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p009

Subekti, N., & Fibonacci, A. (2014). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains [ Mpkbe ] Untuk Mengembangkan Literasi Sains Siswa. 83–90.

Ahmadi, Y., Astuti, B., & Linuwih, S. (2019). Unnes Physics Education Journal Bahan Ajar IPA Berbasis Etnosains Tema Pemanasan Global untuk Peserta Didik SMP Kelas VII. UPEJ : Unnes Physics Education Journal, 8(1), 53–59. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Etnosains. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 116–128.

Anggoro, A. D., Susanto, H., Arifin, R., Nugroho, O. C., Purwati, E., & Ridho, I. N. (2023). Manajemen Event Budaya Sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Ponorogo. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1), 570–580. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4434

Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III 2017, 81–88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arda Yulianti, Raras Setyo Retno, M.Soeprijadi Djoko Laksmono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.