Pengembangan Modul Literasi Berbasis Etnosains Budaya Lokal Ponorogo untuk Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui Pengembangan Modul Literasi Berbasis Etnosains Budaya Lokal Ponorogo untuk siswa sekolah dasar. (2)Mengetahui Kelayakan Modul Literasi Etnosains Budaya Lokal Ponorogo. (3) Mengetahui tingkat Kepraktisan Modul Literasi Etnosains Berbasis Budaya Lokal Ponorogo yang diterapkan dalam pembelajaran sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design. Deevelopment, Implementation, Evaluation) dan menggunakan teknik pengumpulan data angket serta dokumentasi. Model ADDIE ini merupakan penelitian yang digunakan untuk mengembangkan produk pembelajaran secara utuh dengan langkah yang simpel dan mudah untuk dipelajari. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk layak dan praktis digunakan dengan presentase Media (74%), Materi (100%), dan Bahasa (90%) dan respon siswa dengan presentase (90,93%).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Siyati, R., & Kamariyah, E. I. (2022). Analisis Budaya Kerapan Sapi Di Madura Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnosains. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 89–96. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i2.8412
Pratama, A., Ulfa, S., & Praherdhiono, H. (2020). Pengembangan Video Animasi Budaya Reog Ponorogo sebagai Suplemen Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 9–17. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p009
Subekti, N., & Fibonacci, A. (2014). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains [ Mpkbe ] Untuk Mengembangkan Literasi Sains Siswa. 83–90.
Ahmadi, Y., Astuti, B., & Linuwih, S. (2019). Unnes Physics Education Journal Bahan Ajar IPA Berbasis Etnosains Tema Pemanasan Global untuk Peserta Didik SMP Kelas VII. UPEJ : Unnes Physics Education Journal, 8(1), 53–59. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Etnosains. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 116–128.
Anggoro, A. D., Susanto, H., Arifin, R., Nugroho, O. C., Purwati, E., & Ridho, I. N. (2023). Manajemen Event Budaya Sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Ponorogo. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1), 570–580. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4434
Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III 2017, 81–88.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Arda Yulianti, Raras Setyo Retno, M.Soeprijadi Djoko Laksmono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.